Kompas.com - 17/09/2021, 16:32 WIB
IMF shutterstock.comIMF

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada Kamis (16/9/2021), membantah bahwa dalam penyelidikan independen sebelumnya di Bank Dunia, ia menekan staf untuk mengubah laporan agar menghindari amarah China.

Bank Dunia mengumumkan akan segera menghentikan laporan peringkat Doing Business setelah investigasi menemukan adanya kejanggalan pada edisi 2018 dan 2020.

Georgieva, yang mengepalai IMF pada Oktober 2019, membantah tudingan mengenai perannya yang memanipulasi laporan Doing Business.

"Saya secara fundamental tidak setuju dengan temuan dan interpretasi Investigation of Data Irregularities terkait peran saya dalam laporan Doing Business Bank Dunia 2018," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti yang dilansir dari AFP pada Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Perbaiki Hubungan Bilateral, India Serukan China Tarik Pasukan di Perbatasan

Tuduhan manupulasi laporan Doing Business Bank Dunia 2018 itu dapat merusak reputasi Georgieva yang berasal dari Bulgaria.

Selain itu, dapat menggiring kritik lama AS terhadap organisasi multilateral serta perlakukan mereka terhadap China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini adalah temuan serius," kata Kementerian Keuangan AS dalam sebuah pernyataan, yang mengatakan sedang "menganalisis laporan".

"Tanggung jawab utama kami adalah menegakkan integritas lembaga keuangan internasional."

Georgieva mengatakan dia memberi tahu dewan IMF tentang masalah laporan Doing Business Bank Dunia 2018 tersebut. Dewan IMF diharapkan bertemu untuk membahas masalah ini, tetapi tidak jelas kapan.

Justin Sandefur dari Center for Global Development, yang telah banyak menulis tentang masalah dengan metodologi laporan, mengatakan, "Kita perlu mendengar sisi ceritanya, tetapi itu tidak terlihat bagus sekarang."

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.