Kisah David Purnomo, Masih 14 Tahun Sudah Diterima Kuliah di AS

Kompas.com - 16/09/2021, 17:06 WIB
David Purnomo di kampus University of Washington, Seattle, Amerika Serikat. LI LI NOVITA PURNOMO via VOA INDONESIADavid Purnomo di kampus University of Washington, Seattle, Amerika Serikat.

SEATTLE, KOMPAS.com - David Purnomo (14), warga keturunan Indonesia di Seattle, Amerika Serikat, akan mulai perguruan tinggi mulai September ini. David katakan sudah terbiasa menjadi murid termuda di kelas.

"Saya belum tentukan jurusan, tapi saya rencananya ambil neuroscience (ilmu saraf)," kata David kepada VOA.

David terpilih masuk kuliah di University of Washington (UW) di kota Seattle, Amerika Serikat lewat program Early Entrance UW Academy lewat Robinson Center of Young Scholars.

Baca juga: Kisah WNI Jual Martabak Manis di New York, Warga AS Sangat Suka

David sewaktu terima surat diterima masuk kuliah di University of Washington.LI LI NOVITA PURNOMO via VOA INDONESIA David sewaktu terima surat diterima masuk kuliah di University of Washington.
Di usia 14 tahun, David akan menjadi seorang freshman (mahasiswa baru/mahasiswa tahun pertama). Sementara rata-rata usia freshman di AS adalah 18 tahun.

"Tentunya ini jadi tantangan, tapi saya rasa saya siap," kata David.

"Sangat menarik bisa lihat hal-hal baru yang bisa saya pelajari, dan kuliah lebih interaktif dibandingkan SMA."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sudah biasa jadi murid termuda

David katakan sudah terbiasa punya teman-teman sekelas yang lebih tua darinya.

"Saya pernah lompat kelas dan mulai sekolah dasar lebih awal, jadi saya selalu jadi salah satu yang termuda di kelas," jelas David.

"Saya sudah biasa dan bisa berteman dengan teman-teman sekelas, jadi saya rasa (kuliah dengan mahasiswa yang lebih tua) enggak bakal jadi masalah besar," tambahnya.

David masuk SMA di usia 12 tahun dan sudah terbiasa jadi murid termuda di kelas.LI LI NOVITA PURNOMO via VOA INDONESIA David masuk SMA di usia 12 tahun dan sudah terbiasa jadi murid termuda di kelas.
Kemampuan akademis putra dari Li Li Novita Purnomo dan Hadi Waskito Purnomo yang berasal dari Surabaya ini sudah terlihat dari kecil, menurut sang ibu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.