Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isoman Setelah Orang Dekatnya Kena Covid-19, Putin Berharap Vaksin Sputnik V Ampuh

Kompas.com - 15/09/2021, 11:02 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden Rusian Vladimir Putin berharap agar vaksin Sputnik V yang dia terima ampuh setelah sejumlah orang dekatnya positif Covid-19.

Dalam keadaan isolasi mandiri (isoman), Putin berharap vaksin Sputnik V yang diterimanya akan menjadi eksperimen alami sebagaimana dilansir AFP, Selasa (14/9/2021).

Diberitakan sebelumnya, Putin menjalani isoman setelah orang-orang terdekatnya positif Covid-19.

Baca juga: Putin Isoman akibat Orang-orang Terdekatnya Positif Covid-19

Hal tersebut disampaikan Kremlin pada Selasa saat Rusia masih berjuang menekan penularan virus corona yang tinggi dan masih tingginya populasi yang skeptis terhadap vaksin.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan, Putin benar-benar sehat dan sudah dites Covid-19, tetapi tidak menyebutkan hasilnya.

Dia tidak merinci berapa lama Putin akan menjalani isolasi mandiri dan menolak untuk menyebutkan siapa saja orang dekat Putin yang positif.

Dalam komentar publik pertamanya setelah pengumuman isoman, Putin mengatakan dia berharap Sputnik V akan melindunginya dari virus corona.

Baca juga: Pasangan di Swedia Dilarang Menamai Anak Mereka Vladimir Putin

"Ini adalah eksperimen alami, mari kita lihat bagaimana Sputnik V akan bekerja dalam praktiknya," kata Putin saat menghadiri pertemuan secara daring.

Dia menambahkan, salah satu orang yang terinfeksi Covid-19 telah divaksinasi dan dinyatakan positif beberapa hari setelah mendapat suntikan booster.

AFP mewartakan, pihak berwenang Rusia telah mengambil langkah-langkah luar biasa ketat untuk melindungi pemimpin Rusia berusia 68 tahun itu sejak awal pandemi.

Para pemimpin asing, jurnalis, dan pejabat semuanya diminta untuk menjalani isolasi sebelum melakukan kontak dengan Putin.

Baca juga: Mengapa Putin Bawa Mug Sendiri di KTT G20 Osaka 2019?

Bahkan, dibangun pula terowongan desinfeksi di kediaman Putin di luar Moskow.

Pada akhir Juni, Putin mengungkapkan bahwa dia telah disuntik dengan vaksin Sputnik V setelah berbulan-bulan tidak mengatakannya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Putin cukup aktif melanjutkan perjalanan kerjanya dan pertemuan tatap muka.

Pada Senin (13/9/2021) Putin bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan para atlet Rusia yang kembali dari Paralimpiade Tokyo.

Baca juga: Foto Putin Telanjang Dada Menunggang Beruang, Asli atau Hasil Editan?

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com