Berbekal Detektor Logam, Pria Desa Temukan Harta Karun Pra-Viking di Ladang

Kompas.com - 13/09/2021, 08:49 WIB
Sejumlah harta karun yang ditemukan oleh seorang pria Denmark yang diyakini berasal dari era pra-Viking. KONSERVERINGSCENTER VEJLE via EURONEWSSejumlah harta karun yang ditemukan oleh seorang pria Denmark yang diyakini berasal dari era pra-Viking.

KOPENHAGEN, KOMPAS.com – Seorang pria desa di Denmark menemukan harta karun dalam jumlah besar dengan hanya bermodalkan detektor logam.

Pria bernama Ole Ginnerup Schytz tersebut awalnya menggunakan detektor logam dan berjalan-jalan di sebuah ladang desa di dekat kota Jelling.

Saat melakukan aktivitas tersebut, Schytz rupanya menemukan sejumlah emas yang diyakini berasal dari abad keenam menurut Museum Vejle.

Baca juga: Goa Mogao di Dunhuang, Situs Harta Karun China Kuno Abad Ke-4

Melansir Euro News, Senin (6/9/2021), Jelling telah lama dianggap oleh para sejarawan sebagai tempat lahir raja-raja zaman Viking antara abad kedelapan hingga abad ke-12.

Menurut Museum Vejle, sekitar 22 benda emas ditemukan oleh Schyt yang mana salah satunya adalah medali seukuran piring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Penelitian di Museum Vejle Mads Ravn mengatakan, temuan tersebut berisi banyak simbol di mana sebagian di antaranya masih belum diketahui maknanya.

“Ini akan memungkinkan kita memperluas pengetahuan tentang orang-orang pada periode ini (sebelum zaman Viking),” kata Ravn kepada AFP.

Baca juga: 6 Kisah Misteri Harta Karun Peninggalan Perang Dunia II

Temuan harta karun tersebut rupanya terjadi sekitar enam bulan lalu namun baru diumumkan baru-baru ini.

Beberapa objek memiliki motif dan simbol rahasia yang mungkin merujuk pada penguasa waktu itu yang juga mengingatkan pada mitologi Nordik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Euronews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.