PM Singapura Dapat Rp 3,9 Miliar dari Menang Gugatan Pencemaran Nama Baik

Kompas.com - 11/09/2021, 17:18 WIB
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong AFPPerdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Rabu (1/9/2021) mendapat 370.000 dollar Singapura (Rp 3,9 miliar) dari menang gugatan pencemaran nama baik.

Kasus-kasus pencemaran nama baik yang dimenanginya adalah terhadap editor media dan penulis di situs berita.

Para kritikus mengatakan, tuntutan hukum semacam itu termasuk serangkaian taktik yang digunakan oleh Singapura untuk membungkam perbedaan pendapat.

Baca juga: PM Singapura Minta AS Tak Bersikap Keras terhadap China, Ini Alasannya

Terry Xu, pemimpin redaksi Online Citizen Asia, dan penulis situs tersebut, dituduh mencemarkan nama baik Lee Hsien Loong dalam dua tuntutan hukum terpisah.

Penulisnya yang bernama Rubaashini Shunmuganathan pada 2010 menulis artikel tentang perseteruan yang mengguncang keluarga PM Lee.

Pengadilan Tinggi Singapura kemudian memerintahkan Xu membayar ganti rugi sebesar 210.000 dollar Singapura (Rp 2,2 miliar).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam gugatan kedua terhadap penulis, hakim menjatuhkan ganti rugi sebesar 160.000 dollar Singapura (Rp 1,7 miliar), sehingga totalnya menjadi 370.000 dollar Singapura (Rp 3,9 miliar).

"Secara keseluruhan, saya menemukan bahwa Xu bertindak sembrono, dengan ketidakpedulian terhadap kebenaran dan dengan niat buruk terhadap (Lee), yang memperburuk kerugian (Lee)," kata Hakim Audrey Lim dikutip dari AFP.

Lee akan menyumbangkan kompensasi yang didapatnya itu untuk amal, surat kabar Straits Times melaporkan.

Baca juga: Calon PM Singapura Ini Mundur karena Sudah Berusia 60 Tahun

Perselisihan yang diliput oleh Online Citizen Asia adalah antara Lee dan saudara-saudaranya tentang warisan ayah mereka, mendiang pemimpin dan pendiri Singapura Lee Kuan Yew.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.