Kompas.com - 11/09/2021, 13:00 WIB
The Falling Man. AP/Richard DrewThe Falling Man.

KOMPAS.com - Pukul 08.45 tanggal 11 September 2001, pesawat Boeing 767 menabrak fasad Menara Utara World Trade Center New York.

Hanya 18 menit kemudian, pesawat lainnya menghantam Menara Selatan.

Saat itulah, sejarah Amerika berubah selamanya.

Dilansir ATI, foto-foto dari hari yang tragis itu sama mengerikannya dengan ikonnya, yakni asap membuntuti dari menara kembar, orang-orang berlarian ketakutan, dan dua lubang di cakrawala kota yang ikonik.

Baca juga: Sejumlah Peristiwa Penting Pasca-Tragedi 9/11, dari 2001 hingga 2021

Sementara foto-foto itu secara akurat menggambarkan trauma dan patah hati yang dirasakan sepanjang hari, ada foto lain yang menceritakan lebih banyak kisah pribadi.

Salah satu yang paling menyayat diambil fotografer Richard Drew dari Associated Press, tak lama setelah menara kedua ditabrak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikenal sebagai "The Falling Man," foto itu hanya sekali dimuat di surat kabar di seluruh dunia, tetapi meninggalkan dampak yang bertahan lama bagi semua orang yang melihatnya.

Dari semua pelompat 9/11 yang jatuh hingga tewas hari itu, mungkin tidak ada yang tetap menghantui seperti "The Falling Man."

Dan meski beberapa orang percaya dia adalah seorang pria bernama Jonathan Briley, identitas sosok tragis ini masih belum pasti hingga hari ini.

"Ini foto yang sangat tenang," kata Drew tentang foto karyanya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.