Media Asing Sorot Kebakaran Lapas Tangerang yang Kelebihan Kapasitas

Kompas.com - 08/09/2021, 19:31 WIB
Dalam foto yang dirilis oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ini, petugas polisi memeriksa sel-sel yang rusak setelah kebakaran di Penjara Tangerang di Tangerang, Indonesia, Rabu, 8 September 2021. KEMENTERIAN HUKUM dan HAM via APDalam foto yang dirilis oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ini, petugas polisi memeriksa sel-sel yang rusak setelah kebakaran di Penjara Tangerang di Tangerang, Indonesia, Rabu, 8 September 2021.

KOMPAS.com - Kabar tentang kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) dini hari, juga dikabarkan sejumlah media asing.

Selain melaporkan jumlah korban dan mengutip keterangan sejumlah otoritas Indonesia terkait penyebab kebakaran, media asing juga menyorot kondisi lapas yang buruk dan penuh sesak.

Berikut kami rangkum sejumlah berita dari media asing terkait kebakaran lapas Kelas I Tangerang yang menewaskan 41 orang narapidana.

Baca juga: Sebarkan Covid-19 dan Langgar Protokol Kesehatan, Pria Ini Dihukum 5 Tahun Penjara

AFP

AFP melaporkan kebakaran melanda sebuah penjara Indonesia yang penuh sesak pada dini hari Rabu (8/9/2021) ketika sebagian besar narapidana tertidur, dan menewaskan 41 orang dan melukai puluhan lainnya.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api, yang sebagian besar berada dalam satu blok yang menampung tahanan yang dipenjara karena tuduhan narkoba.

"Empat puluh meninggal di tempat kejadian dan satu meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit," kata Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan HAM Indonesia, menambahkan bahwa delapan luka parah dan 31 luka ringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Milisi Palestina Kabur dari Penjara Berkeamanan Tinggi Israel

Kapolres Jakarta Fadil Imran sebelumnya mengatakan kepada media bahwa 72 orang mengalami luka ringan.

Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab insiden di Lembaga Pemasyarakatan Tangerang, di luar ibu kota Jakarta, tetapi diduga masalah listrik mungkin menjadi penyebabnya.

AFP mencatat kondisi penjara yang penuh sesak dan tidak sehat sering terjadi di penjara Indonesia, yang berisi sekitar 270.000 narapidana, dan sering terjadi pembobolan penjara.

Pada 2019, sedikitnya 100 napi kabur dari penjara di Provinsi Riau, Sumatera setelah terjadi kerusuhan dan kebakaran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.