Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Caldor AS Ancam Permukiman, 50.000 Orang Wajib Evakuasi Picu Kemacetan Panjang

Kompas.com - 02/09/2021, 18:35 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Gubernur California dan Nevada mengumumkan keadaan darurat karena “Caldor Fire” (Kebakaran Caldor) yang bergerak cepat.

CNN pada Rabu (1/9/2021) mewartakan, sekarang kebakaran hutan terbesar ke-17 yang tercatat di California itu mendorong para pejabat untuk memberi tahu semua orang di kota South Lake Tahoe untuk mengungsi.

Baca juga: Data Terbaru: Memadamkan Kebakaran lewat Udara Kurang Efektif

Di California, Gubernur Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat di kabupaten Alpine, Amador dan Placer, yang mengelilingi wilayah Danau Tahoe, kantornya mengumumkan pada Senin (30/8/2021).

Kebakaran Caldor menghanguskan 191.607 hektar sejak kobaran apinya dimulai pada 14 Agustus, menurut data Cal Fire. Baru 16 persen dari kebakaran yang bisa dikendalikan.

Gubernur Nevada Steve Sisolak juga mengumumkan keadaan darurat pada Senin (30/8/2021). Peringatan itu diberikan untuk mengantisipasi api dari Caldor Fire melintasi garis negara bagian dalam beberapa hari mendatang.

Deklarasi tersebut sekaligus "memastikan sumber daya dari tingkat lokal, negara bagian, dan federal tersedia, untuk membantu sesuai kebutuhan selama keadaan darurat ini," kata sebuah pernyataan dari kantor Sisolak.

Foto kebakaran Caldor AS di Sierra at Tahoe, lebih banyak evakuasi di #SouthLakeTahoe karena panas tinggi dan angin memicu penyebaran meluas. RAJMATHAI via TWITTER Foto kebakaran Caldor AS di Sierra at Tahoe, lebih banyak evakuasi di #SouthLakeTahoe karena panas tinggi dan angin memicu penyebaran meluas.

Upaya untuk mengoptimalkan sumber daya datang saat api menjalar ke daerah kantong liburan Danau Tahoe, yang melintasi perbatasan California-Nevada.

Seluruh kota South Lake Tahoe dan bagian selatan danau ditempatkan di bawah peringatan evakuasi wajib pada Senin (30/8/2021).

"Ada sejumlah besar granit antara api dan kami. Saya terbangun pada Minggu (29/8/2021) dan itu (api) telah melompati granit itu dan sekarang ada di cekungan Danau Tahoe dan rumah-rumah terancam. Komunitas kami terancam dan saya tidak pernah berpikir itu mungkin," kata Wali Kota Tamara Wallace.

Baca juga: Peta Kebakaran Hutan di Dunia dalam Beberapa Pekan Terakhir

Tidak tahu kapan bisa kembali

Penduduk kota, sekitar 20.000 orang, mengungsi pada Senin (30/8/2021). Wallace menambahkan tidak ada diskusi tentang kapan warga akan diizinkan kembali.

"Saat ini, api berkobar di lembah Danau Tahoe, dan kami bahkan tidak mempertimbangkan untuk membicarakannya," Wallace menepis.

"Kami baru saja mencoba melihat apa yang terjadi dengan struktur dan bisnis di komunitas kami dan rumah kami."

Menurutnya, Dewan kota akan bertemu malam itu dari jarak jauh karena pusat operasi darurat mereka telah pindah ke dekat Nevada.

Narapidana di Penjara South Lake Tahoe juga dievakuasi, kata Kantor Sheriff Kabupaten El Dorado.

Api aktif semalam dan bara api menyebar hingga tiga perempat mil, menurut laporan kejadian.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com