Kompas.com - 02/09/2021, 17:00 WIB
Vaksin moderna ccnull.deVaksin moderna

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Moderna pada Rabu (1/9/2021) mengatakan, batch vaksin Covid-19 yang mereka kirim ke Jepang mengandung partikel baja tahan karat (stainless steel), tetapi memperkirakan tidak bakal membahayakan keselamatan pasien.

Moderna menghadapi sorotan besar di Jepang, akibat ratusan ribu dosis vaksin virus corona yang ditangguhkan karena laporan adanya zat asing di dalamnya.

Otoritas "Negeri Sakura" juga sedang menyelidiki kematian dua pria yang menerima dosis dari batch yang tercemar, tetapi penyebab kematian mereka sejauh ini belum diketahui.

Baca juga: Jepang Setop Pakai 1,63 Juta Dosis Vaksin Moderna karena Terkontaminasi

Dalam pernyataan bersama dengan mitranya di Jepang, Takeda, Moderna mengatakan bahwa kontaminasi di salah satu dari tiga lot yang ditangguhkan telah ditelusuri sanpai ke lini produksi di pabrik yang dijalankan oleh kontraktor Spanyol, ROVI Pharma Industrial Services.

"Keberadaan partikel baja tahan karat yang langka dalam vaksin Covid-19 Moderna tidak menimbulkan risiko yang tidak semestinya terhadap keselamatan pasien dan tidak memengaruhi manfaat/risiko produk," kata pernyataan itu yang dikutip AFP.

Partikel logam dalam dosis ini yang disuntikkan ke otot dapat menyebabkan reaksi di tempat, tetapi tidak mungkin lebih dari itu, tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Stainless steel secara rutin digunakan pada katup jantung, penggantian sendi dan jahitan logam dan staples."

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.