Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pensiunan Jenderal AS Sebut Amerika Pasti Harus Kembali ke Afghanistan

Kompas.com - 01/09/2021, 21:22 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) “pasti harus” kembali ke Afghanistan ketika kelompok-kelompok teroris berkembang di bawah negara yang dikuasai Taliban.

Hal itu disampaikan seorang pensiunan jenderal bintang tiga AS, mantan pemimpin militer senior AS yang memberi pengarahan kepada banyak presiden “Negeri Paman Sam”, yang berbicara secara anonim dalam sebuah wawancara eksklusif dengan DailyMail.com.

Baca juga: Mantan Jenderal AS Bocorkan Kelemahan Operasi Terakhir AS di Afghanistan

Menurutnya, rezim Taliban akan menciptakan ancaman baru bagi AS, yang pada akhirnya akan mengharuskan negaranya untuk menyerang lagi.

Jenderal itu mengecam kebijakan Presiden AS Joe Biden dan petinggi lainnya di pemerintahannya sebagai rencana “tidak matang, tidak canggih, tanpa pertimbangan jangka panjang”.

Ia pun menilai kebijakan itu termasuk kematian 13 petugas akibat bom bunuh diri pada Kamis (26/8/2921) sebagai “bencana gila” yang “dapat dicegah dan benar-benar bisa dihindari”.

Mantan Jenderal AS itu mengatakan, baik perwira tinggi militer saat ini dan CIA sudah menasihati Biden agar tidak melakukan evakuasi Afghanistan yang ceroboh, dari bandara sipil di pusat ibukota yang diduduki Taliban.

Tetapi dia mengklaim Presiden ke-46 itu mengabaikan saran mereka.

Baca juga: Pasukan AS Pergi, Pengawal Osama bin Laden Muncul di Afghanistan Disambut Sorak Sorai

Pensiunan Jenderal itu pun sangat skeptis bahwa pengangkutan udara AS yang sekarang selesai cukup menyeluruh, dan percaya ada banyak warga AS yang tertinggal yang ingin keluar dari negara itu.

"Saya pikir tidak dapat dihindari bahwa kita akan segera kembali ke Afghanistan," kata mantan komandan senior AS itu.

“Anda akan melihat negara yang dijalankan oleh kelompok teroris. Ini bukan perkembangan yang baik untuk perdamaian dan stabilitas dunia.”

“Bagaimana kita bisa mundur, dengan Pakistan yang memiliki kemampuan nuklir, dan Iran bekerja menuju senjata nuklir, dan Afghanistan di tengah terjepit di antara keduanya? Perbatasan cukup kabur di sana serta populasi bergerak.”

Dalam kondisi itu, sulit baginya untuk memercayai kenyataan saat ini bahwa AS dan NATO tidak akan memiliki pangkalan di wilayah itu.

Wilayah itu berbatasan di Barat dengan Iran, berbatasan di Timur dengan Pakistan, di utara berbatasan dengan China dan Rusia. Sementara sekutu barat tidak akan memiliki apa-apa di lapangan.

“Tidak ada mata, tidak ada telinga, tidak ada logistik dan pangkalan intelijen.”

“Lain kali kita kembali ke sana, jika kita perlu pergi ke sana, Airborne ke-82 mungkin adalah orang-orang yang perlu mengambilnya (Afghanistan) dengan paksa. Dan kemudian akan ada biaya besar dalam dollar dan darah untuk mewujudkannya.”

Baca juga: Biden Umumkan Berakhirnya Kiprah AS Selama 20 Tahun di Afghanistan

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com