Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2021, 15:34 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) memperingatkan lonjakan kasus Covid-19 pada anak-anak akan memburuk, seiring kegiatan sekolah yang kembali aktif di tengah meningkatnya varian Delta dan mendekati musim dingin.

Setelah penurunan di awal musim panas, kasus anak telah meningkat secara eksponensial. Terjadi lonjakan lebih dari empat kali lipat dalam sebulan terakhir, menurut laporan terbaru dari American Academy of Pediatrics dan Asosiasi Rumah Sakit Anak.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Jepang Perluas Penerapan Keadaan Darurat

Pekan lalu, jumlah kasus Covid-19 pada anak-anak di AS telah mencapai level terburuk sejak lonjakan pada musim dingin.

Seminggu menjelang akhir Juli hanya terdapat sekitar 38.000 kasus Covid-19 pada anak. Namun pekan terakhir lalu (hingga 19 Agustus), tercatat lebih dari 180.000 kasus pada anak-anak di AS menderita Covid-19.

Peningkatan itu terjadi karena 48,4 persen populasi belum sepenuhnya divaksinasi, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melansir CNN pada Rabu (25/8/2021).

Pakar kesehatan sangat prihatin dengan kasus-kasus di kalangan anak-anak ketika siswa kembali ke sekolah, banyak yang tidak menggunakan masker dan tanpa akses ke vaksin.

Vaksin Pfizer/BioNTech telah sepenuhnya disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) Senin untuk orang Amerika berusia 16 tahun ke atas.

Tetapi anak-anak di bawah 16 tahun masih belum sepenuhnya disetujui untuk menerima vaksin. Otorisasi penggunaan darurat yang berlaku hanya mencakup remaja berusia 12 tahun ke atas.

Anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun adalah kelompok berikutnya yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Pentagon segera Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Militer AS

Pembaruan otorisasi penggunaan darurat dari FDA, akan membuat setidaknya 28 juta anak tambahan (sekitar 9 persen populasi AS) memenuhi syarat untuk menerima vaksin, menurut analisis CNN terhadap data federal.

Tetapi proses otorisasi vaksin untuk kelompok usia tersebut mungkin tidak akan selesai sampai akhir tahun kalender, menurut Ahli Bedah Umum AS, Dr Vivek Murthy, kepada Brianna Keilar dari CNN.

Lamanya waktu itu menjadi masalah. Masalahnya varian Delta yang lebih menular menyebar dan cuaca kering yang dingin di musim dingin membuat virus lebih mudah menyebar, sementara anak-anak duduk bersama di ruang kelas.

"Anda akan memiliki sekelompok orang yang sangat rentan di satu tempat (sekolah). Itu bukan resep yang bagus." ujar Dr Paul Offit, anggota komite penasihat vaksin FDA, mengatakan kepada CNN.

Meskipun akan baik untuk memiliki vaksin Covid-19 untuk anak-anak sebelum itu, penting juga bagi pejabat kesehatan untuk meluangkan waktu mereka untuk memastikan vaksin diuji penuh dan dianggap aman.

Baca juga: Hampir 5.000 Kasus Covid-19 Muncul Setelah Berlangsung Festival Musik dan Selancar Cornwall dengan Puluhan Ribu Peserta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com