Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2021, 21:13 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

JENEWA, KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan penyelidikan kedua tentang asal-usul Covid-19, kali ini dengan kelompok penasihat independen baru.

Panel tersebut akan fokus memberi nasihat kepada badan PBB tentang "asal usul patogen yang muncul dan muncul kembali dari potensi epidemi dan pandemi," seperti MERS-CoV, Ebola dan flu burung, menurut sebuah pernyataan yang dirilis Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Pakar WHO Duga Pasien Nol Covid-19 adalah Pekerja Lab Wuhan

Tim ini juga akan membantu menganalisis pekerjaan tim WHO sebelumnya yang menyelidiki asal-usul Covid-19 di Wuhan, dan memberi nasihat kepada organisasi saat memulai penyelidikan barunya.

"Ini sangat penting untuk membantu WHO, negara-negara anggota dan lembaga mitra untuk mempersiapkan ancaman limpahan di masa depan dan untuk meminimalkan risiko wabah penyakit yang berkembang menjadi pandemi," kata pernyataan itu.

Pernyataan itu mengumumkan panggilan terbuka untuk "berbagai ahli" untuk bergabung dengan panel, yang secara resmi disebut Kelompok Penasihat Ilmiah WHO untuk "Scientific Advisory Group for the Origins of Novel Pathogens" (SAGO).

Pembukaan lamaran akan jatuh tempo pada 10 September, dan hingga 25 ahli dapat dipilih untuk bergabung dalam SAGO, kata pernyataan itu.

Pada Maret, tim pakar internasional yang dipimpin WHO mengeluarkan laporan awal yang menganggap "sangat tidak mungkin" bahwa asal-usul Covid-19 terkait dengan laboratorium.

Para ilmuwan berpikir bahwa kemungkinan besar virus itu melompat ke manusia dari hewan.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, teori bahwa laboratorium terlibat kembali mendapat sorotan, karena tinjauan intelijen yang diperintahkan oleh Presiden AS Joe Biden untuk memeriksa kemungkinan tersebut.

Baca juga: Ilmuwan WHO: Ada Lab Lain di Wuhan yang Dipindahkan Beberapa Hari Sebelum Temuan Awal Wabah

Para kritikus mengecam penilaian awal WHO, dengan mengatakan itu adalah upaya yang cacat. Terlebih semua anggota tim yang dikirim ke China membutuhkan persetujuan pemerintah China, seperti yang dilaporkan WHO.

Direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengakui bulan lalu bahwa "terlalu dini" untuk mengesampingkan teori kebocoran laboratorium, menggambarkan kecelakaan laboratorium sebagai "umum."

Dalam sebuah film dokumenter Denmark yang dirilis awal bulan ini, pemimpin tim WHO di Wuhan mengaku selama perjalanan ke China, dia khawatir tentang standar keselamatan di fasilitas yang dekat dengan tempat kasus Covid-19 manusia pertama terdeteksi di Wuhan, kekhawatiran yang sebelumnya tidak diungkapkan oleh WHO.

Banyak pakar kesehatan dan ilmuwan telah menyerukan penyelidikan independen untuk dilakukan di luar WHO, menyoroti ketidakmampuan badan tersebut memaksa negara-negara, termasuk China, untuk bekerja sama.

Baca juga: WHO: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir Setidaknya hingga Pertengahan 2022

Newsweek mewartakan, menurut kerangka acuan yang dirilis pada Jumat (20/8/2021), kelompok ahli baru WHO juga akan terikat oleh aturan kerahasiaan tertentu, serupa dengan yang berlaku untuk banyak kelompok ahli lainnya dari badan tersebut.

Pedoman tersebut menyatakan bahwa anggota tidak boleh berbicara atas nama WHO atau grup kepada pihak ketiga mana pun. Pertimbangan internal harus diperlakukan sebagai "sangat rahasia".

Mereka juga tidak boleh mengutip atau menggunakan dokumen apa pun di luar kewenangan grup.

WHO akan memegang kendali penuh atas laporan apa pun, termasuk apakah laporan itu akan dipublikasikan atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com