Kompas.com - 21/08/2021, 17:34 WIB
Nadia Nadim, penyerang tim nasional Denmark. Namanya menjadi viral, dengan diketahui dia lahir di Afghanistan, dan harus mengungsi pada usia 11 tahun setelah ayahnya, seorang jenderal di militer Afghanistan, dibunuh Taliban. AFP PHOTO/JOHN THYSNadia Nadim, penyerang tim nasional Denmark. Namanya menjadi viral, dengan diketahui dia lahir di Afghanistan, dan harus mengungsi pada usia 11 tahun setelah ayahnya, seorang jenderal di militer Afghanistan, dibunuh Taliban.

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Ketika Taliban menguasai Afghanistan, nama Nadia Nadim mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen.

Pemain sepak bola Denmark ini adalah perempuan kelahiran Afghanistan, yang mengungsi ketika ayahnya dibunuh oleh pemberontak.

Nadia lahir di Herat, salah satu kota penting di sana, pada 2 Januari 1988, dengan sang ayah merupakan jenderal militer.

Baca juga: Wanita Afghanistan Ceritakan Kehidupan di Bawah Pemerintahan Taliban: “Semua Orang Takut”

Di usia 11 tahun, dia mengalami situasi yang paling menentukan dalam hidupnya. "Ketika Taliban berkuasa, ayah saya dibunuh," kata dia.

Nadia Nadim, bersama dengan ibu dan empat saudaranya, tahu mereka tidak punya peluang hidup jika terus bertahan di Afghanistan.

Diwartakan WBAL, ibu Nadia menemui seorang yang bisa membantu mereka kabur, dan menjual seluruh harta untuk bisa membayarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbekal paspor palsu, kelimanya pergi dari Afghanistan menuju Pakistan dan berusaha membuka jalan ke Eropa.

Nadia mengungkapkan, awalnya mereka merencanakan pergi ke Inggris, dan menemui kerabat mereka di London.

Di situsnya, Nadia menuliskan mereka berangkat ke Italia dari Pakistan, dan sesampainya di sana mereka dinaikkan ke truk.

Baca juga: Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Tiba di Kabul untuk Bentuk Pemerintahan

Setelah beberapa hari dalam truk, mereka keluar dan mengira akan melihat Big Ben London. Ternyata yang mereka lihat adalah pepohonan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber NDTV
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.