India dan Vietnam Gelar Latihan Bersama di Laut China Selatan

Kompas.com - 19/08/2021, 11:59 WIB
Kapal perusak berpeluru kendali milik India, INS Ranvijay. ARMADA KE-7 AS via WIKIMEDIAKapal perusak berpeluru kendali milik India, INS Ranvijay.

NEW DELHI, KOMPAS.com – India dan Vietnam menggelar latihan angkatan laut bersama di Laut Cina Selatan pada Rabu (18/8/2021).

Melansir The Times of India, latihan tersebut melibatkan dua kapal tempur India dan satu kapal Vietnam.

Dua kapal India masing-masing adalah kapal perusak berpeluru kendali INS Ranvijay dan dan korvet INS Kora. Sedangkan Vietnam menerjunkan kapal fregat VPNS Ly Thai To.

Baca juga: Kapal Perang Asing di Laut China Selatan Bertambah, India Menyusul Kirim Pasukannya

Juru Bicara Angkatan Laut India Vivek Madhwal mengatakan, kedua kapal tempur milik India tersebut telah tiba di Cam Ranh, Vietnam, pada Minggu (15/5/2021).

Latihan tersebut digelar menjelang latihan gabungan berskala besar yang melibatkan India, AS, Jepang, dan Australia yang dinamakan Malabar 2021 pada 26 hingga 29 Agustus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua kapal India lain, fregat siluman INS Shivalik dan korvet anti-kapal selam INS Kadmatt, juga dikerahkan untuk mengikuti latihan yang digelar di lepas pantai Guam tersebut.

Baca juga: Jerman Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan, Bergabung dengan Negara Barat Lawan China

The Times of India mewartakan, Malabar 2021 bertujuan untuk memperkuat keselarasan strategis guna memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, aman, dan stabil.

Gugus tugas angkatan laut India juga dijadwalkan untuk melakukan latihan bilateral dengan Filipina, Singapura, dan Indonesia di hari-hari mendatang.

"Sebagai bagian dari hubungan pertahanan India-Vietnam yang kuat, latihan reguler dan pertukaran telah meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan laut," kata seorang perwira angkatan laut India.

Baca juga: Kapal Perang Inggris Memasuki Laut China Selatan, Media China Singgung Soal Kolonialisme

Sebelumnya, India juga dilaporkan menawarkan rudal jelajah supersonik BrahMos serta sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara Akash ke Vietnam.

Tawaran tersebut dilatarbelakangi kerja sama pertahanan yang menjadi komponen vital dari kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara.

The Times of India melaporkan, tawaran tersebut juga merupakan kewaspadaan antara India dan Vietnam atas aktivitas China di Indo-Pasifik.

Baca juga: Diancam Beijing, Kapal Induk Inggris Tetap Masuk Laut China Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.