Kekacauan di Bandara Afghanistan: Suara Tembakan Picu Kepanikan, Warga Berebut Naik Pesawat

Kompas.com - 16/08/2021, 14:49 WIB
Sepotong rekaman lain menggambarkan kerumunan panik berlarian dengan suara tembakan meletus beberapa kali di latar belakangnya. NICOLACAREEM via TWITTERSepotong rekaman lain menggambarkan kerumunan panik berlarian dengan suara tembakan meletus beberapa kali di latar belakangnya.

KABUL, KOMPAS.com - Tembakan terdengar di Bandara Internasional Kabul pada Senin pagi (16/8/2021) ketika warga Afghanistan membanjiri landasan.

Beberapa orang berebut menaiki tangga yang penuh sesak ke sebuah pesawat, ketika mereka mati-matian berusaha melarikan diri dari negara itu.

New York Post mewartakan pada Senin (16/8/2021), kekacauan itu terjadi menyusul peristiwa yang mengkhawatirkan bagi Afghanistan dengan hari pertama pemerintahan Taliban di negara itu.

Baca juga: Kronologi Runtuhnya Pemerintah Afghanistan: Hengkangnya Pasukan AS hingga Jatuhnya Kabul ke Taliban

Penarikan pasukan AS yang berantakan, setelah 20 tahun konflik tanpa henti, menyebabkan pemerintah runtuh dalam beberapa hari, sementara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani kabur bersembunyi.

Kedutaan Besar AS di Kabul telah ditinggalkan dan Departemen Luar Negeri AS mengatakan Senin pagi (16/8/2021) bahwa semua staf kedutaan aman dan sedang dievakuasi.

“Kami dapat memastikan bahwa evakuasi semua personel kedutaan sekarang telah selesai dengan aman.” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi menurutnya, semua personel kedutaan AS juga masih berada di lokasi Bandara Internasional Hamid Karzai, yang perimeternya diamankan oleh Militer AS.”

Sementara itu, warga Afghanistan menghadapi bahaya dan ketidakpastian ketika pemerintah berantakan, dan Taliban dengan cepat merebut kekuasaan.

Baca juga: Taliban Rebut Kabul, Inggris dan NATO Tak Berniat Kembali ke Afghanistan

Video yang diambil dari bandara menunjukkan banyak orang berusaha memanjat tangga dan mencoba mengakses jembatan jet pesawat yang penuh sesak.

"Ini, mungkin, salah satu gambar paling menyedihkan yang pernah saya lihat dari #Afghanistan," tulis jurnalis BBC Nicola Careem.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.