Kompas.com - 15/08/2021, 16:04 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pengguna media sosial di China mengeklaim negaranya memenangkan lebih banyak medali Olimpiade Tokyo secara total daripada Amerika Serikat (AS), dengan menghitung medali yang dimenangkan oleh Taiwan dan Hong Kong sebagai milik China.

China, menurut metode tradisional penghitungan total medali, berada di tempat kedua di belakang AS sekarang setelah Olimpiade Tokyo 2020 secara resmi berakhir.

Baca juga: 7 Atlet Wanita di Olimpiade Tokyo yang Merangkap Ilmuwan

China secara resmi memenangkan lebih sedikit emas dan medali keseluruhan daripada total yang diraih “Negeri Paman Sam”. AS menang tipis dengan 39 medali emas, atau unggul satu medali emas dari China.

Namun, netizen China menggunakan platform microblogging populer Weibo untuk mengatakan bahwa China sebenarnya memiliki 42 medali emas.

Penggelembungan medali itu menempatkan “Negeri Tirai Bambu” empat medali lebih banyak dari AS, dan mengeklaim sebagai juara Olimpiade Tokyo 2020.

Klaim penghitungan Weibo tersebut menggabungkan Taiwan dan Hong Kong, untuk memperbesar perolehan medali "China" menjadi 42 emas, 37 perak, dan 27 perunggu dengan total 106.

Unggahan itu disertai dengan keterangan yang berbunyi: "Inilah China yang sebenarnya, lengkap, oke!"

Melansir laporan Mothership pada (13/8/2021), netizen China sebenarnya memahami bahwa ungahan tersebut sebagai sindiran.

Meski begitu, pandangan pengguna media sosial terpecah soal niat pengguna Weibo yang pertama kali mengunggah gambar tersebut.

Baca juga: Barbie Dikecam Publik karena Tak Ada Figur Asia di Edisi Olimpiade Tokyo 2020

Mayoritas komentator setuju bahwa pengguna Weibo hanya ingin menegaskan bahwa Hong Kong dan Taiwan adalah bagian dari China.

Halaman:
Sumber Mothership
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.