Kompas.com - 12/08/2021, 14:42 WIB
Anggota Taliban berpatroli di dalam kota Farah, ibu kota provinsi Farah, barat daya Kabul, Afghanistan, Rabu (11/8/2021). AP PHOTO/MOHAMMAD ASIF KHANAnggota Taliban berpatroli di dalam kota Farah, ibu kota provinsi Farah, barat daya Kabul, Afghanistan, Rabu (11/8/2021).

GHAZNI, KOMPAS.com - Taliban merebut Ghazni, kota strategis di Afghanistan yang hanya berjarak 150 kilometer dari Kabul.

Hal tersebut disampaikan seorang anggota parlemen senior dan dikonfirmasi sendiri oleh Taliban pada Kamis (12/8/2021).

Ghazni adalah ibu kota provinsi ke-10 yang jatuh ke tangan Taliban dalam seminggu.

Baca juga: Intel AS: Dalam 90 Hari, Ibu Kota Afghanistan Bisa Direbut Taliban

Kota tersebut terletak di sepanjang jalan raya utama Kabul-Kandahar, yang secara efektif berfungsi sebagai pintu gerbang antara ibu kota dan kubu milisi di selatan.

"Taliban menguasai daerah-daerah kunci kota - kantor gubernur, markas polisi dan penjara," ujar Nasir Ahmad Faqiri, kepala dewan provinsi, kepada AFP.

Dia menambahkan, pertempuran berlanjut di beberapa bagian kota tetapi ibu kota provinsi sebagian besar berada di tangan pemberontak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Taliban juga mengonfirmasi telah merebut kota itu, menurut pernyataan yang diposting oleh juru bicara pemberontak di media sosial.

Perang Afghanistan meningkat secara dramatis sejak Mei, ketika militer pimpinan AS memulai tahap akhir penarikan pasukan yang akan berakhir akhir bulan ini setelah tugas 20 tahun.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.