Cerita dari Pulau Pitcairn yang Terbebas dari Covid-19 Selama Pandemi

Kompas.com - 12/08/2021, 08:00 WIB
Terletak di Pasifik selatan, tetangga terdekat Pulau Pitcairn, Tahiti, berjarak 2.170 kilometer. PITCAIRN ISLANDS TOURISM via ABC NEWSTerletak di Pasifik selatan, tetangga terdekat Pulau Pitcairn, Tahiti, berjarak 2.170 kilometer.

PITCAIRN, KOMPAS.com - Pemandangan Samudra Pasifik yang membentang ke cakrawala jadi panorama yang dengan bebas bisa dinikmati 47 penduduk Pulau Pitcairn, melalui jendela rumahnya. 

"Anda bisa duduk di sini dan bahkan tidak memikirkan Covid-19," kata Mark Tomlinson, yang tinggal di Pulau Pitcairn, salah satu pulau dengan komunitas paling terpencil di dunia kepada ABC Australia.

"Anda bisa menyadari betapa beruntungnya berada di sini tanpa mengalami kesulitan seperti orang lain."

Terletak jauh di Pasifik Selatan, hampir 6.000 kilometer jauhnya dari benua mana pun, wilayah teritorial Inggris ini adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia yang tetap bebas Covid-19.

Dibutuhkan empat hari dengan perahu cepat untuk mencapai tetangga terdekat Pulau Pitcairn, Tahiti.PITCAIRN ISLANDS TOURISM via ABC NEWS Dibutuhkan empat hari dengan perahu cepat untuk mencapai tetangga terdekat Pulau Pitcairn, Tahiti.

Baca juga: Perancis Mulai Terapkan Tiket Bebas Covid-19 untuk Memasuki Tempat Publik

Hanya dengan bergantung pada kekayaan yang dimiliki pulau ini, 47 penduduk Pitcairn selama pandemi mengatakan hidup mereka normal dalam banyak hal, kata Mark.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mark meninggalkan Washington ketika virus corona mulai menyerang dunia. Dia tiba di pulau itu delapan bulan lalu untuk mengisi posisi sebagai administrator Pemerintah Inggris.

Dia adalah salah satu dari sedikit ekspatriat yang tinggal di pulau vulkanik kecil tersebut, yang juga dikenal memiliki salah satu ekosistem laut paling utuh di planet Bumi.

Tanpa lockdown atau harus pakai masker, ditambah pasokan vaksin yang cukup untuk seluruh warga di pulau, Mark mengatakan semua kekhawatiran soal Covid-19 dihadapi "hilang begitu saja".

"Tetapi ketika kita bicara dengan keluarga atau melihat angka-angka di Inggris, kita jadi diingatkan tentang apa yang dialami orang lain," katanya.

Walikota Pitcairn Charlene Warren adalah orang pertama di pulau itu yang menerima suntikan COVID.ABC NEWS Walikota Pitcairn Charlene Warren adalah orang pertama di pulau itu yang menerima suntikan COVID.

Baca juga: Berbekal Klaim Bebas Covid-19 dan Pertolongan Tuhan, Presiden Tanzania Tolak Vaksin

"Kehidupan di sini benar-benar berbeda dibandingkan dengan tempat lain," kata Charlene Warren, Wali kota Pitcairn.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.