Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lari dari Kejaran Junta Militer Myanmar, Dua Orang Tewas Lompat dari Gedung

Kompas.com - 11/08/2021, 20:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Dua orang tewas dan tiga lainnya cedera setelah melompat dari lantai empat sebuah gedung di ibu kota komersial Myanmar untuk menghindari serangan pasukan keamanan.

Korban kudeta militer Myanmar sejak Februari mencapai lebih dari 900 orang tewas dan lebih dari 7.000 ditangkap dalam tindakan keras berdarah, menurut kelompok pemantau lokal.

Baca juga: Myanmar Bantah Tuduhan Persekongkolan yang Berencana Bunuh Utusan PBB

Kelompok hak asasi manusia dan PBB mengatakan ratusan demonstran anti-kudeta telah menghilang. Pengunjuk rasa juga menghadapi penangkapan sewenang-wenang dan ancaman penyiksaan.

Militer Myanmar menangkap dua pria dan seorang wanita selama penggerebekan di sebuah gedung di kotapraja Botadaung di Yangon pada Selasa (10/8/2021), menurut saluran True News yang didukung junta.

Empat pria dan seorang wanita lainnya "melompat keluar dari jendela lantai empat untuk menghindari penangkapan," katanya seperti dilansir AFP.

Pernyataan itu juga menyebut bahwa seorang wanita dan satu pria telah meninggal karena luka-luka mereka. Tiga pria lain yang terluka telah dibawa ke rumah sakit yang dikelola militer.

Menurut laporan True News petugas menemukan "bahan yang digunakan untuk ledakan" dalam serangan itu.

Baca juga: Duta Besar Myanmar untuk PBB Jadi Target Pembunuhan

Pertempuran telah berkobar di seluruh negara Asia Tenggara itu sejak kudeta, dengan penduduk membentuk "pasukan pertahanan" untuk memerangi militer Myanmar.

Bentrokan sebagian besar terjadi di daerah pedesaan, meskipun pada Juni empat pengunjuk rasa dan setidaknya dua perwira militer tewas dalam baku tembak di kota kedua negara itu, Mandalay.

Kantor dan organisasi pemerintah yang dianggap dekat dengan junta juga menjadi sasaran di daerah perkotaan.

Sebuah bom meledak di kantor Asosiasi Buddhis Pemuda Yangon pada Selasa (10/8/2021), kata organisasi itu di halaman Facebook-nya, meskipun tidak ada korban yang dilaporkan.

Baca juga: Utusan Myanmar Peringatan PBB tentang Dugaan Pembantaian oleh Junta Militer

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com