Kompas.com - 11/08/2021, 15:37 WIB
Dalam file foto 14 Juli 2021 ini, para pendukung Taliban membawa bendera putih tanda tangan mereka setelah Taliban mengatakan mereka merebut kota perbatasan Afghanistan Spin Boldaka di seberang kota Chaman, Pakistan. AP PHOTO/TARIQ ACHAKZAIDalam file foto 14 Juli 2021 ini, para pendukung Taliban membawa bendera putih tanda tangan mereka setelah Taliban mengatakan mereka merebut kota perbatasan Afghanistan Spin Boldaka di seberang kota Chaman, Pakistan.

KUNDUZ, KOMPAS.com - Sejumlah warga Afghanistan mengungkapkan seperti apa kebrutalan yang dilakukan Taliban saat menguasai kota mereka.

Kelompok pemberontak itu menguasai satu demi satu distrik dan kota, memanfaatkan momentum penarik pasukan AS dan sekutunya.

Terbaru, mereka menguasai Faizabad, ibu kota Provinsi Badakhshan, ibu kota provinsi kesembilan yang mereka kuasai.

Baca juga: Ketika AS Makin Menjauh dari Afghanistan di Saat Taliban Mengancam

"Sejak kemarin malam, pasukan pemerintah berada dalam tekanan. Kini Taliban menguasai kota sepenuhnya," kata politisi Zabihullah Attiq.

Di setiap daerah yang dikuasai, muncul kabar bagaimana milisi itu menyiksa dan membunuh pegawai pemerintah, hingga mengambil paksa perempuan untuk dinikahkan.

Seperti yang diutarakan Frida, seorang warga Kunduz yang mengungsi bersama enam anaknya saat pemberontak menguasai kota Minggu (8/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami melihat mayat tergeletak di dekat penjara. Ada anjing yang berada di dekatnya," kata perempuan 36 tahun itu dilansir AFP Rabu (11/8/2021).

Warga Kunduz lainnya, Abdulmanan, mengungkapkan bagaimana anaknya diperlakukan seperti binatang dan dipenggal.

"Mereka merebutnya dari saya, dan memperlakukannya seperti domba. Mereka melukai lehernya dan meninggalkannya begitu saja," ratap Abdulmanan.

Baca juga: Warga Afghanistan Ungkap Taliban Ambil Paksa Gadis Muda dan Janda

Amruddin Wali, anggota dewan pemerintahan Kunduz menerangkan, pasukan pemerintah yang tersisa kini menyerah kepada milisi.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.