Kompas.com - 06/08/2021, 06:28 WIB
Presiden Peru Pedro Castillo (kanan) dan Perdana Menteri Guido Bellido (kiri) berfoto setelah upacara pengambilan sumpah simbolis di lokasi Pertempuran Ayacucho 1824, yang menyegel kemerdekaan dari Spanyol, pada Kamis (29/7/2021) sehari setelah ia resmi dilantik sebagai presiden. AP PHOTO/ERNESTO ARIASPresiden Peru Pedro Castillo (kanan) dan Perdana Menteri Guido Bellido (kiri) berfoto setelah upacara pengambilan sumpah simbolis di lokasi Pertempuran Ayacucho 1824, yang menyegel kemerdekaan dari Spanyol, pada Kamis (29/7/2021) sehari setelah ia resmi dilantik sebagai presiden.

LIMA, KOMPAS.com – Dalam pekan pertamanya menjabat, Presiden Peru Pedro Castillo menginginkan hubungan yang lebih mesra dengan China.

“Negeri Panda” memang merupakan mitra komersial penting bagi bangsa Andes tersebut sekaligus pembeli utama tembaga Peru, sektor pendapatan pajak yang potensial.

Sejak Castillo dilantik menjadi Presiden Peru pada 28 Juli, pejabat pemerintahannya langsung bertemu dengan Duta Besar China dan eksekutif pertambangan China.

Baca juga: Potret Hidup Sederhana Presiden Baru Peru: Rumah di Kampung Miskin, Istrinya Guru Desa

Mereka tidak hanya membahas kebijakan untuk industri mereka tetapi juga untuk memperkuat perjanjian perdagangan bebas yang pertama kali ditandatangani pada 2009.

Melansir AFP, Castillo siap membawa Peru condong ke “sayap kiri” meski pemerintahan-pemerintahan sebelumnya sudah menjaga hubungan baik dengan China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini tidak memiliki karakter ideologis, ini memiliki karakter pragmatis," kata Jorge Heine, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Boston.

Selain China, Peru juga memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan AS. Bahkan, Lima dianggap sebagai sekutu Washington selama beberapa dekade.

Baca juga: 9 Calo ICU Covid-19 Ditangkap, Jual Rp 300 Juta per Ranjang di Peru

Kebijakan pajak pertambangan akan sangat penting bagi China, yang perusahaannya merupakan penambang tembaga penting di Peru, produsen logam nomor dua dunia.

Castillo pernah mengatakan bahwa dia ingin mendapatkan pendapatan pajak yang lebih tinggi dari perusahaan pertambangan.

Pablo de la Flor, yang mengepalai Perhimpunan Nasional Pertambangan, Minyak, dan Energi menuturkan bahwa para penambang yang menikmati kesepakatan stabilitas pajak termasuk MMG Ltd dari China dan Aluminium Corp Chinalco.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.