Kompas.com - 05/08/2021, 14:34 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Sebanyak 2.279 orang yang menghadiri tiga festival musik di Catalonia bulan lalu akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Puluhan ribu orang datang ke festival Vida, Canet Rock, dan Cruïlla pada awal Juli dan diharuskan mengikuti tes antigen untuk dapat hadir.

Baca juga: Di Tengah Lonjakan Covid-19 Varian Delta, Penjualan Tiket Konser di AS Pecahkan Rekor Tertinggi

Begitu masuk, tidak ada langkah-langkah jarak sosial, tetapi para peserta harus mengenakan masker.

Festival-festival telah ditetapkan sebagai bagian dari penelitian konser musik di tengah pandemi. Namun, kasus positif berakhir melebihi apa yang diharapkan para peneliti.

Setelah festival berakhir, pemerintah Catalonia meluncurkan penyelidikan untuk melihat berapa banyak dari hampir 50.000 peserta konser musik yang terjangkit Covid-19 dalam 15 hari berikutnya.

Menurut surat kabar El Pais berbahasa Spanyol, yang telah melihat hasil penelitian, 466 peserta dari Vida dinyatakan positif, seperti halnya 956 untuk Canet Rock dan 857 dari Cruïlla.

Total akhir menunjukkan 58 persen lebih banyak infeksi Covid-19 daripada yang diperkirakan, dan 76 persen lebih banyak daripada yang diukur dalam kelompok kontrol, tambah El Pais.

Konser musik pandemi Barcelona berlangsung pada saat kasus Covid-19 di wilayah tersebut sudah meningkat.

Baca juga: Konser Live di Barcelona Dihadiri Sekitar 5.000 Orang Tanpa Jarak Sosial

Dalam siaran pers mengenai hasil studi Departemen Kesehatan Spanyol tentang konser musik pandemi Barcelona itu, pemerintah Catalonia mengatakan, pihaknya berharap penelitian tersebut memberikan informasi berharga dalam hal meningkatkan protokol dan langkah-langkah keamanan, untuk kegiatan dan festival yang ramai di masa depan.

Pemerintah menambahkan, "Seperti yang dijelaskan oleh Sekretaris Kesehatan Masyarakat, Carmen Cabezas, pada saat pembukaan musim panas, dan dalam konteks 8.000 kasus sehari, konser musik hanyalah satu faktor lagi di antara semua (infeksi) yang terjadi saat ini."

Halaman:
Baca tentang
Sumber Newsweek
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.