Ulang Tahun Ke-60, Inilah Kisah Barack Obama, "Si Anak Menteng" yang Jadi Presiden Ke-44 AS

Kompas.com - 04/08/2021, 14:06 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. AFP / GETTY IMAGES / JUSSI NUKARIMantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

KOMPAS.com - Barrack Obama lahir pada 4 Agustus 1961 di Honolulu, Hawaii. Tak ada yang menyangka bocah kecil itu nantinya akan menjadi presiden sebuah negara adidaya.

Tapi sejarah membuktikannya. Obama, jadi presiden Amerika Serikat yang ke-44, yang bahkan jadi keturunan Afrika - Amerika pertama yang terpilih sebagai pemimpin tertinggi AS.

Sebelum memulai karier politik, Obama terlebih dulu berkerja sebagai Pengacara Sipil. Dia lantas menjadi senator Universitas Illinois, hingga akhirnya memantapkan langkahnya, memasuki Gedung Oval di White House.

Baca juga: Menurut Barack Obama, Ini Peluang Bola Basket di Afrika

Obama lahir dari pasangan Barrack Hussein Obama Sr dari Kenya, dan Ann Dunham dari Wichita, Kansas.

Sewaktu Obama masih berusia dua tahun, kedua orang tuanya bercerai. Ibunda Obama pun menikahi Lolo Soetoro.

Pada tahun 1967, keluarganya pindah ke Jakarta, Indonesia. Obama kecil kemudian bersekolah di SD Santo Fransiskus Asisi di Tebet selama tiga tahun, kemudian berlanjut ke SD Negeri Menteng 1 sampai berusia sepuluh tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, Obama pun kembali ke Honolulu dan tinggal bersama kakek dan neneknya. Dia melanjutkan studi di Sekolah Punahou antara tahun 1971 hingga lulus SMA pada 1979.

Baca juga: Barack Obama, Dulu Urus USA, Kini NBA

Obama lantas melanjutkan pendidikannya di Universitas Colombia, namun sistem rasial antaral kulit putih dan kulit hitam masih berlaku, hingga dirinya mengalami pembedaan sikap.

Setelah melalui perjuangan melawan rasialisme, Obama pun berhasil masuk ke Universitas Harvard jurusan hukum.

Namanya pun mulai terangkat karena keberaniannya mengkritik rasialisme di Chicago. Obama juga gemar melempar kritik lewat tulisannya. Temanya, berkisar antara persamaan hak tanpa dibedakan warna kulit.

Halaman:

Sumber wikipedia
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.