Tersandung Pelecehan Seksual, Gubernur New York Diminta Mundur oleh Biden

Kompas.com - 04/08/2021, 07:27 WIB
Gubernur New York Andrew Cuomo, Komisaris Polisi Kota New York James O'Neill, dan Wali Kota New York Bill de Blasio mengadakan konferensi pers di luar Terminal Bus New York Port Authority, Senin (11/12/2017) di New York City, Amerika serikat. (AFP/Drew Angerer) Gubernur New York Andrew Cuomo, Komisaris Polisi Kota New York James O'Neill, dan Wali Kota New York Bill de Blasio mengadakan konferensi pers di luar Terminal Bus New York Port Authority, Senin (11/12/2017) di New York City, Amerika serikat. (AFP/Drew Angerer)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden meminta Gubernur New York Andrew Cuomo mundur, karena tersandung skandal pelecehan seksual.

Pernyataan itu muncul setelah Jaksa Agung New York Letitia James memaparkan hasil penyelidikan selama lima bulan.

James menegaskan Cuomo sudah melanggar aturan federal maupun negara bagian, yang dibantah oleh sang gubernur dalam pernyataan terpisah.

Baca juga: Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan 11 Perempuan

Cuomo pun terancam mendapat pemakzulan dan menghadapi investigasi kriminal yang digelar secara terpisah.

"Saya pikir dia harus mundur. Saya mengerti jika dewan negara bagian bakal menggelar pemakzulan," kata Biden di Gedung Putih.

James mulai menyelidiki sejak tahun lalu, setelah sejumlah perempuan mengaku sebagai korban pelecehan seksual Andrew Cuomo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama lima bulan, James dan timnya mewawancarai 179 orang yang rata-rata mengaku tidak nyaman saat bekerja bersama Cuomo.

Puluhan ribu dokumen, pesan, dan gambar ditinjau selama investigasi, seperti diberitakan BBC Selasa (3/8/2021).

Hasilnya, diketahui Cuomo meraba, mencium, dan berkomentar cabul terhadap 11 perempuan. Menciptakan lingkungan kerja yang tidak nyaman.

Baca juga: Gubernur New York Tersandung Skandal Pelecehan Seksual, 3 Wanita Mengaku Jadi Korban

Ïnvestigasi independen ini menyimpulkan Gubernur Andrew Cuomo melecehkan wanita, dan melanggar aturan federal serta negara bagian," kata James.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.