Tanah Longsor di Colorado, Lebih dari 100 Orang Terjebak di Jalanan Berlumpur

Kompas.com - 01/08/2021, 13:57 WIB
Mobil dan penumpangnya yang terjebak lumpur di jalanan Interstate 70 (I-70) Colorado barat, setelah terjadi tanah longsor. [SS/YOUTUBE/DENVER7] SS/YOUTUBE/DENVER7Mobil dan penumpangnya yang terjebak lumpur di jalanan Interstate 70 (I-70) Colorado barat, setelah terjadi tanah longsor. [SS/YOUTUBE/DENVER7]

DENVER, KOMPAS.com - Lebih dari 100 orang di Colorado terjebak semalaman di jalanan dan di bawah terowongan berlumpur, setelah dilanda hujan deras dan tanah longsor.

Juru bicara Kantor Sheriff Garfield County Walt Stowe mengatakan pada Jumat (30/7/2021) bahwa orang-orang dengan kendaraan mereka terjebak selama 9 jam di jalanan di di Interstate 70 di Glenwood Canyon pada Kamis (29/7/2021) malam waktu setempat.

Baca juga: Tanah Longsor Bangladesh: 10.000 Pengungsi Rohingya Dievakuasi, 14 Orang Tewas

Kru penyelamat dapat menjangaku lokasi mereka yang terjebak di terowongan tertutup lumpur pada Jumat sekitar pukul 06.30 waktu setempat, seperti yang dilansir dari ABC News pada Sabtu (31/7/2021). 

Terowongan di sana berfungsi 24 jam di bawah Departemen Perhubungan Colorado, sehingga cukup penerangan dan memiliki telepon, kata Stowe. Tidak ada cedera yang dilaporkan.

Departemen transportasi menghitung ada 108 orang yang terjebak di jalan raya semalaman, termasuk 29 orang di terowongan.

Baca juga: Hujan Muson Picu Tanah Longsor dan Banjir, 112 Orang Tewas di India

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Antara 65 hingga 70 orang masih terlantar di area pemberhentian pada Jumat sore, ketika kru penyelamat berusah membuka akses jalan yang aman melewati puing-puing dari hujan dan tanah longsor.

Mike Goolsby, direktur regional untuk departemen transportasi, mengatakan ada 10 lokasi tanah longsor di Colorado barat, dengan kedalaman sekitar 4 meter hingga 46 meter.

"Saya bersyukur tidak ada yang terluka...Kami telah berusaha sekuat tenaga agar tidak ada orang di ngarai saat peringatan banjir bandang ini. Itu adalah skenario kasus terbaik bagi kita semua berdasarkan hasil pagi ini,” kata Goolsby.

Baca juga: Tanah Longsor Jepang: Korban Selamat Ditemukan, Termasuk Pasangan Lansia

Glenwood Canyon memiliki tebing yang menjulang hingga 610 meter di atas Sungai Colorado, membuatnya rentan terhadap tanah longsor yang disertai batu dan lumpur.

Dalam beberapa pekan terakhir, hujan yang melanda area hutan yang terbakar pada musim panas lalu, memicu tanah longsor berulang kali.

Hal itu mengakibatkan penutupan Interstate 70 (I-70), jalan raya utama timur-barat Colorado. Penutupan jalan itu sebagian besar terjadi sebelum badai mulai masuk, untuk mencegah orang terjebak dalam bencana.

Baca juga: Usai Hujan Lebat, Tanah Longsor Melanda Jepang, 19 Orang Hilang

Pada Kamis (29/7/2021), ngarai telah ditutup sementara pada hari sebelumnya ketika badai mendekat, tetapi ngarai telah dibuka kembali pada saat badai kedua masuk, yang menyebabkan kendaraan dan penumpang mereka terjebak.

Pejabat transportasi Colorado mengatakan bahwa kemungkinan seksi antarnegara bagian akan ditutup, setidaknya sampai akhir pekan karena lokasi sedang dibersihkan, dan karena ada prediksi hujan deras lagi.

Layanan Cuaca Nasional telah mengeluarkan peringatan banjir bandang untuk daerah Colorado.

Baca juga: Kondisi Fukushima Usai Diguncang Gempa Jepang 7,3 Magnitudo, Atap Stasiun Bocor dan Tanah Longsor


Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.