Kompas.com - 30/07/2021, 00:06 WIB

KOMPAS.com - Sembilan penerbang Amerika Serikat (AS) yang bertempur di medan Pasifik Perang Dunia II mengudara pada 2 September 1944.

Ironisnya, hanya satu yang akan selamat dari misi pengeboman mereka ke Kepulauan Bonin. Sisanya akan disiksa, dibunuh, dan dimakan dalam apa yang kemudian dikenal sebagai “Insiden Chichijima”.

Baca juga: POPULER GLOBAL: Kanibalisme China Era 60-an Makan Keluarga Sendiri | Rusia Luncurkan Jet Tempur Siluman Terbaru, Tandingi F-35

Selama bertahun-tahun, Angkatan Laut AS mengaburkan kebenaran mengerikan tentang apa yang terjadi di Chichijima.

Seorang pengacara yang terlibat dalam persidangan perang atas kejahatan itu berkomentar: "Angkatan Laut AS tidak ingin orang-orang di tanah airnya tahu bahwa putra mereka dimakan."

Sementara satu-satunya orang yang lolos dari nasib buruk Insiden Chichijima adalah seorang pilot berusia 20 tahun, George HW Bush, ayah Presiden AS ke-43, George W Bush.

Kisah penyelamatan pilot termuda Angkatan Laut AS itu makin dikenal, terutama saat satu-satunya korban selamat dalam insiden ini naik menjadi Presiden ke-41 AS.

Adapun momen penyelamatan ketika anak kurus itu (Bush senior), ditarik dari rakit tiup kecilnya ke geladak kapal selam AS itu, berhasil di dokumentasikan oleh seorang pelaut Angkatan Laut AS.

Baca juga: Mengungkap Kanibalisme Brutal di Era Awal Komunis China Tahun 60-an

Misi Pengeboman Perang Dunia II

Angkatan Laut AS saat itu telah mengincar pulau Chichijima selama beberapa waktu. Meski berukuran kecil, letak pulau Chichijima yang strategis membuatnya signifikan.

Lokasinya sekitar 500 mil dari Jepang, menara radionya memungkinkan orang Jepang mengirim pesan jarak jauh. Dan dalam kondisi perang, pasukan AS jelas menginginkan fasilitas itu hancur.

Pada Juni 1944, kapal induk Amerika mengepung Chichijima dan mulai mengirim pilot untuk menghancurkan menara radio.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.