Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Besar di Oregon Hancurkan Lebih dari 400 Bangunan dan 340 Kendaraan

Kompas.com - 28/07/2021, 18:44 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

SALEM, KOMPAS.com - Kebakaran besar atau Bootleg Fire di negara bagian Oregon, AS telah menghancurkan lebih dari 400 bangunan dan 340 kendaraan pada Selasa (27/7/2021) sejak 3 pekan lalu.

Api telah merambat menjadi seluas 410.731 hektar dengan 53 persen terkendali, menurut informasi terbaru dari Inciweb.

Baca juga: Kanada Nyatakan Darurat Kebakaran Hutan dan Perintahkan Warga untuk Evakuasi

Suhu dingin dan hujan dapat meredakan kebakaran, tetapi Inciweb memperkirakan bahwa kebakaran masih akan mengancam Oregon pada akhir pekan ini karena suhu akan meningkat lagi.

"Kami akan terus fokus pada keselamatan masyarakat dan petugas pemadam kebakaran kami," ujar komandan Insiden Norm McDonald, seperti yang dilansir dari CNN pada Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Kebakaran Hutan 290.000 Hektar di Oregon AS, 2.000 Warga Mengungsi

"Kami dengan masyarakat dan berebagai badan mitra terus berusaha mengendalikan api seefektif mungkin untuk melindungi kayu, tanah peternakan, dan nilai lokal lainnya," terang McDonald.

Musim kebakaran di AS menghanguskan lebih dari 2,82 juta hektare pada tahun ini, terutama di negara-negara Barat, dengan kebakaran hutan aktif hingga 607.028 hektar.

Baca juga: 50 Orang di Bangsal Isolasi Covid-19 Rumah Sakit di Irak Tewas dalam Kebakaran

Ada 79 titik kebakaran hutan besar aktif yang membakar di 12 negara bagian, menurut National Interagency Fire Center (NIFC).

Selama akhir pekan, dua kebakaran di Dixie dan Fly di California utara, serta di hutan nasional Lassen dan Plumas, telah menciptakan kebakaran terbesar ke-15 dalam sejarah negara bagian Oregon.

Baca juga: Terjebak dalam Kebakaran Pabrik Makanan di Bangladesh, 52 Orang Tewas

Hal itu, mendorong perintah evakuasi untuk lebih dari 7.800 penduduk di dua county, kata juru bicara Kantor Layanan Darurat Gubernur California Bryan May mengatakan kepada CNN pada Selasa (27/7/2021) pagi waktu setempat.

Para pejabat sejauh ini belum menentukan penyebab kebakaran besar di negara bagian Oregon, yang memicu 13 Juli.

Ada hampir 40 juta orang di bawah peringatan gelombang panas di seluruh AS tengah pada Selasa (27/7/2021), di mana itu akan, atau terasa seperti lebih dari 100 derajat.

Baca juga: Gelombang Panas Kanada Picu 170 Titik Kebakaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com