Foto Air Laguna Berubah Jadi Merah Muda, Diduga akibat Bahan Kimia

Kompas.com - 28/07/2021, 12:03 WIB
Laguna Corfo di wilayah Patagonia selatan Argentina berubah menjadi merah muda cerah mencolok (fuchsia). DWNEWS via INSTAGRAMLaguna Corfo di wilayah Patagonia selatan Argentina berubah menjadi merah muda cerah mencolok (fuchsia).

PATAGONIA, KOMPAS.com - Sebuah laguna di wilayah Patagonia selatan Argentina berubah menjadi merah muda cerah mencolok (fuchsia), para ahli dan aktivis fenomena yang ketakutan menduga telah terjadi pencemaran bahan kimia di perairan tersebut.

Warna tersebut diduga disebabkan oleh natrium sulfit. Bahan kimia itu kerap digunakan sebagai anti-bakteri yang digunakan di pabrik ikan untuk mengawetkan udang produk ekspor.

Baca juga: UPDATE Ledakan Pabrik Kimia Jerman: Satu Orang Tewas, Empat Masih Hilang

Limbah bahan kimia itu disalahkan karena mencemari sungai Chubut yang airnya juga mengisi laguna Corfo dan sumber air lainnya di wilayah tersebut, menurut para aktivis.

Warga telah lama mengeluhkan bau busuk dan masalah lingkungan lainnya di sekitar sungai dan laguna.

“Mereka yang seharusnya memegang kendali adalah yang memberi wewenang untuk meracuni orang," kata aktivis lingkungan Pablo Lada kepada AFP, menyalahkan pemerintah atas kekacauan itu.

Laguna berubah menjadi merah muda minggu lalu dan tetap berwarna tidak normal pada Minggu (25/7/2021), kata Lada, yang tinggal di kota Trelew, tidak jauh dari laguna dan sekitar 1.400 kilometer selatan Buenos Aires.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepara AFP, Insinyur lingkungan dan ahli virologi Federico Restrepo mengatakan natrium sulfit dalam limbah ikan yang mengakibatkan perubahan warna perairan itu menurut hukum seharusnya diolah dulu sebelum dibuang.

Laguna, yang tidak digunakan untuk rekreasi, menerima buangan dari kawasan industri Trelew dan telah berubah warna menjadi fuchsia sebelumnya.

Namun warga sekitar sudah muak.

Baca juga: Israel: Pencemaran Terburuk di Laut Mediterania Bukan karena Kapal Tanker Yunani

Dalam beberapa pekan terakhir, penduduk Rawson, tetangga Trelew, memblokir jalan yang digunakan oleh truk yang membawa limbah ikan olahan melalui jalan mereka ke pabrik pengolahan di pinggiran kota.

Halaman:

Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.