Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Judo Aljazair Mundur dari Olimpiade Tokyo Saat Harus Berhadapan dengan Israel

Kompas.com - 24/07/2021, 16:43 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Akreditasi dari atlet judo Aljazair Fethi Nourine dan pelatihnya Amar Benikhlef pada Sabtu (24/7/2021) ditarik dan mereka dipulangkan dari Olimpiade Tokyo, karena menolak untuk berhadapan dengan Israel.

Nourine menghadapi atlet judo Sudan Mohammed Abdalrasool pada Senin (19/7/2021) dalam pertarungan pertamanya, kemudian pada putaran kedua ia akan menghadapi Tohar Butbul dari Israel.

Baca juga: Kontak dengan Orang Positif Covid-19, Kontingen Italia Olimpiade Tokyo 2020 Dikarantina

Namun di televisi Aljazair pada Kamis (22/7/2021), Nourine mengatakan bahwa ia adalah pendukung Palestina, sehingga tidak mungkin baginya untuk berhadapan dengan Israel.

"Kami bekerja keras untuk mencapai Olimpiade...tetapi, perjuangan Palestina lebih besar dari semua ini," ujar Nourine sambil menegaskan bahwa keputusannya adalan "final", seperti yang dilansir Kompas.com dari AFP pada Sabtu (24/7/2021).

Baca juga: 100 Atlet AS dalam Olimpiade Tokyo Belum Vaksin di Tengah Kekhawatiran Penyebaran Covid-19

Pada Sabtu (24/7/2021), komiter eksekutif Federasi Judo Internasional (IJF) mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan Nourine dan Benikhlef dari pertandingan Judo.

Sebagai tanggapan, Komite Olimpiade Aljazair menarik akreditasi mereka dan mereka akan dipulangkan dengan pesawat, dan kemungkinan akan diberi sanksi lebih lanjut.

IJF mengatakan sikap Nourine "bertentangan dengan filosofi Federasi Judo Internasional".

Baca juga: Pembukaan Olimpiade Tokyo Diwarnai Demo Penolakan

"IJF memiliki kebiijakan non-diskriminasi yang ketat, menjunjung solidaritas sebagai prinsip utama, diperkuat oleh nilai-nilai judo," imbuh pihak IJF.

"Olahraga judo didasarkan kode moral yang kuat, termasuk rasa hormat dan persahabatan, untuk memelihara solidaritas. Kami tidak akan mentoleransi diskriminasi apa pun, karena itu berlawanan dengan nilai inti dan prinsip-prinsip olahraga kami," terangnya.

Baca juga: 10 Momen Unik dalam Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Ini bukan pertama kalinya Nourine mundur dari suatu kejuaraan untuk menghindari berhadapan dengan Israel. Sebelumnya, ia melakukan langkah yang sama di kejuaraan dunia 2019 di Tokyo.

Judoka Iran juga mendapatkan kecaman serupa ketika mundur suatu kejuaraan karena harus berhadapan dengan Israel.

Baca juga: Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Akhirnya Digelar di Tengah Pro-kontra

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com