Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Perayaan Idul Adha Para WNI di KBRI Roma Italia

Kompas.com - 21/07/2021, 06:59 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

ROMA, KOMPAS.com – KBRI Roma bekerja sama dengan organisasi Nadwah Ukhuwah Roma (NUR) pada Selasa (20/7/2021) menyelenggarakan kegiatan Idul Adha 1442 H di Wisma Duta KBRI Roma.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dubes RI untuk Italia Esti Andayani beserta peserta sekaligus jemaah lainnya termasuk staf KBRI Roma dan KBRI Vatikan dengan jumlah terbatas.

Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan hand sanitizer, penggunaan masker selama kegiatan, serta pengaturan jarak saf antar-jemaah.

Baca juga: KBRI Roma Jalankan Kegiatan Idul Fitri dengan Prokes Ketat

Kegiatan dimulai dengan acara takbiran bersama pukul 08.00 waktu Roma dan dilanjutkan dengan shalat Idul Adha. Imam sekaligus khatib adalah Ustaz Adnan Irodat.

Dalam khutbahnya, Adnan menjelaskan makna Idul Adha dikaitkan dengan dimensi sosial dan ketauladanan Nabi Ibrahim sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com dari KBRI Roma.

"Di samping dimensi spiritual berupa kepatuhan atau ketakwaan terhadap perintah Allah, ibadah kurban juga memiliki dimensi sosial untuk memperkuat nilai solidaritas, kepekaaan sosial, dan keinginan untuk saling berbagi", jelas Adnan.

"Beliau (Nabi Ibrahim) adalah pribadi yang dapat dijadikan contoh yang baik, baik sebagai seorang pemimpin, sebagai seorang ayah maupun sebagai seorang anak", ujar Adnan.

Baca juga: KBRI Roma Adakan Kegiatan Nuzulul Quran secara Virtual

Kepemimpinan Nabi Ibrahim memiliki karakter berani, tegas, amanah, bertanggung jawab, jujur, melayani masyakarat, dan mengutamakan kepentingan umum.

Sebagai pemimpin, Nabi Ibrahim selalu bertindak bijaksana dan pantang menyerah dalam situasi dan kondisi apapun.

"Sebagai seorang ayah, Nabi Ibrahim sangat mencintai keluarga, bertanggung jawab, dan terbuka mendengarkan berbagai masukan dari anak dan keluarganya. Sebagai seorang anak, Nabi Ibrahim tetap memiliki sopan santun dan kepatuhan kepada orang tuanya, namun tetap dalam bingkai ketauhidan,” imbuh Adnan.

Seusai shalat Idul Adha, Esti beserta jemaah lainnya melakukan halalbihalal dilanjutkan dengan ramah tamah secara sederhana.

Baca juga: KBRI Roma Gelar Perayaan Galungan dan Kuningan secara Daring

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Kepala Perwakilan RI Roma Lefianna Hartati Ferdinandus dan staf KBRI Roma lainnya beserta keluarga.

Masing-masing peserta membawa makanan khas lebaran Idul Adha untuk dihidangkan dan disantap bersama seperti satai kambing, gulai kambing, satai ayam, bistik sapi, ikan panggang, tahu, tempe, rujak, es buah serta hidangan lainnya.

Saat ini, situasi dan kondisi penanganan Covid-19 di Italia dilaporkan semakin baik dan kondusif. Seluruh wilayah di Italia telah berada dalam “zona putih”.

Masjid Besar Roma dan sejumlah masjid di beberapa kota lainnya juga telah menyelenggarakan kegiatan shalat Idul Adha berjamaah.

Namun, pelaksaannya menerapkan pembatasan jumlah jemaah serta tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer, serta pengaturan saf shalat.

Baca juga: Ramadhan 2021, KBRI Roma Adakan Beragam Acara Virtual, Ini Jadwalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com