Tandingi F-35, Rusia Luncurkan Jet Tempur Siluman Terbaru, Mampu Serang 6 Target Sekaligus

Kompas.com - 21/07/2021, 06:30 WIB
Sebuah prototipe jet tempur Rusia ditampilkan di MAKS-2021 di Zhukovsky, Rusia, Selasa (20/7/2021). Rusia mempresentasikan prototipe jet tempur terbaru tersebut. Presiden Rusia Vladimir Putin memeriksa pesawat tempur baru yang dipamerkan di MAKS-2021. AP PHOTO/ALEXANDER ZEMLIANICHENKO, POOLSebuah prototipe jet tempur Rusia ditampilkan di MAKS-2021 di Zhukovsky, Rusia, Selasa (20/7/2021). Rusia mempresentasikan prototipe jet tempur terbaru tersebut. Presiden Rusia Vladimir Putin memeriksa pesawat tempur baru yang dipamerkan di MAKS-2021.

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia resmi meluncurkan jet tempur siluman terbaru mereka yang dirancang untuk bersaing dengan F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Peluncuran jet tempur siluman buatan Rostek dan United Aircraft Corporation milik Rusia tersebut dilaksanakan pada Selasa (20/7/2021) sebagaimana dilansir AFP.

Dijuliki “The Checkmate” alias “Sekakmat”, jet tempur tersebut diklaim mampu menyerang enam target secara bersamaan.

Baca juga: Pesawat Jet Tempur Angkatan Udara Nigeria Jatuh Ditembak Geng Bersenjata

Sejumlah laporan mengemuka bahwa jet itu diproduksi pada Mei tahun lalu. Menurut video peluncuran, jet tempur itu dikembangkan dalam waktu singkat.

Beberapa detail mengenai si “Sekakmat” tersebut sebelumnya sudah muncul sebagaimana dilaporkan oleh AFP.

"Tugas kami adalah agar pesawat ini ditawarkan secara massal kepada pelanggan mulai 2026," kata direktur umum United Aircraft Corporation Yury Slyusar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rostec menggambarkan pesawat itu sebagai jet tempur ringan bermesin tunggal generasi kelima yang menggabungkan beberapa inovasi, termasuk artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Baca juga: Angkatan Udara AS Kirim Puluhan Jet Tempur F-22 ke Pasifik di Tengah Ketegangan dengan China


Perusahaan mengeklaim, jet tempur tersebut dapat menyerang hingga enam target secara bersamaan baik itu di darat, udara, atau laut.

Jet tempur itu banderol antara 25 juta dollar AS (Rp 363 miliar) hingga 30 juta dollar AS (Rp 436 miliar).

Harga tersebut lebih murah jika dibandingkan F-35 dengan banderol sekitar 77 juta dollar AS (Rp 1,1 triliun) hingga 100 juta dollar AS (Rp 1,4 triliun).

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X