Kompas.com - 19/07/2021, 13:07 WIB
Foto dari Bootleg Fire Incident Command memperlihatkan kobaran api dekat Highway 34 di negara bagian Oregon, Amerika Serikat, Kamis (15/7/2021). BOOTLEG FIRE INCIDENT COMMAND/JASON PETTIGREW via APFoto dari Bootleg Fire Incident Command memperlihatkan kobaran api dekat Highway 34 di negara bagian Oregon, Amerika Serikat, Kamis (15/7/2021).

SALEM, KOMPAS.com - Kebakaran hutan besar terjadi di negara bagian Oregon, Amerika Serikat (AS), akibat cuaca panas dan kering yang menyengat pada Minggu (18/7/2021).

Cuaca sangat panas dilaporkan melanda sebagian besar AS wilayah barat dan Kanada hari itu, mengakibatkan kebakaran bernama Bootleg Fire itu membesar dan warga sekitar harus dievakuasi.

Kantor berita AFP melaporkan, Bootleg Fire adalah kebakaran hutan dan lahan terbesar dari 80 karhutla yang sekarang aktif di AS.

Baca juga: Gelombang Panas Kanada Picu 170 Titik Kebakaran

Api menyebar cepat dalam semalam dari 274.000 hektar menjadi 290.000 hektar, atau tiga kali ukuran kota metropolitan Detroit.

Sekitar 2.000 warga harus mengungsi, dan lebih banyak lagi diperkirakan menyusul pada Minggu.

Citra satelit dari Dinas Cuaca Nasional menunjukkan gumpalan asap besar membubung dari Bootleg Fire, di selatan Oregon, ke perbatasan Kanada yang jauhnya ratusan kilometer ke timur laut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun dengan kemajuan progres dari petugas pemadam kebakaran di sisi barat Bootleg Fire, secara keseluruhan pengendalian api meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 22 persen.

Meski begitu angin kencang dan badai petir yang meluas tetap menjadi ancaman serius.

Baca juga: Gelombang Panas Kanada Sebabkan 90 Persen Desa Lytton Kebakaran

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.