Kompas.com - 17/07/2021, 13:28 WIB
Presiden Joe Biden berbicara selama konferensi pers di Gedung Putih. AP PHOTO/SUSAN WALSHPresiden Joe Biden berbicara selama konferensi pers di Gedung Putih.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan perusahaan media sosial sama saja membunuh orang karena gagal mengawasi misinformasi alias informasi yang salah di platform mereka tentang vaksin Covid-19.

Sebelumnya, seorang dokter sekaligus perwira tinggi militer Vivek Murthy menyatakan bahwa informasi yang salah tentang vaksin merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Padahal, banyak pejabat AS mengatakan bahwa vaksin terbukti ampuh mencegah kematian dan penyakit serius akibat virus corona.

Baca juga: Joe Biden Tingkatkan Upaya untuk Hadapi Serangan Ransomware di AS

Komentar Biden muncul saat dia ditanya wartawan mengenai platform seperti Facebook di mana informasi palsu atau menyesatkan tentang vaksin virus corona telah menyebar.

Biden lantas menjawab, “Mereka (perusahaan media sosial) membunuh orang-orang.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 saat ini terjadi terhadap orang-orang yang menolak divaksinasi sebagaimana dilansir TVNZ, Sabtu (17/7/2021).

Murthy mengatakan informasi yang salah tentang Covid-19, yang disebut sebagai "infodemik" oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sangat mematikan.

Baca juga: Biden Umumkan Proses Penarikan Pasukan AS di Afghanistan Selesai 31 Agustus

"Informasi yang salah merupakan ancaman yang mengancam dan berbahaya bagi kesehatan bangsa kita," kata Murthy dalam sambutannya di Gedung Putih.

Dia menambahkan, segenap elemen bangsa harus melawan informasi yang salah.

Murthy mengatakan, perusahaan teknologi dan platform media sosial harus membuat perubahan untuk mengawasi penyebaran informasi yang salah.

Halaman:

Sumber TVNZ
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.