Myanmar Akan Terima Enam Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari China

Kompas.com - 14/07/2021, 23:45 WIB
Orang-orang yang memakai masker menunggu saat peti mati berisi jenazah antri di luar krematorium di pemakaman Yay Way di Yangon, Myanmar, Rabu 14 Juli 2021. APOrang-orang yang memakai masker menunggu saat peti mati berisi jenazah antri di luar krematorium di pemakaman Yay Way di Yangon, Myanmar, Rabu 14 Juli 2021.

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Myanmar akan menerima enam juta vaksin Covid-19 dari China pada Agustus, menurut seorang pejabat pemerintah pada Rabu (14/7/2021).

Kasus Covid-19 Myanmar yang dilanda kudeta militer mulai tampak ke permukaan setelah korban yang terinfeksi membanjiri rumah sakit hingga krematorium.

Baca juga: Gelombang Ketiga Covid-19 di Myanmar Mengganas, 90 Persen Wilayah Terdampak

Pemerintah militer Myanmar telah "membeli empat juta dosis dan Beijing akan mendapat sumbangan dua juta lagi,” kata seorang pejabat senior dari Kementerian Informasi kepada AFP dengan syarat anonim.

Pejabat itu menambahkan, satu juta dosis pertama akan tiba selama minggu terakhir Juli.

Mereka tidak memberikan rincian tentang vaksin mana yang akan dipasok China, atau tanggal kedatangan yang tepat untuk lima juta sisanya.

Myanmar sedang menghadapi wabah baru dengan ribuan pekerja kesehatan melakukan pemogokan terhadap kudeta militer Myanmar awal Februari, yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Rabu (14/7/2021), Dewan Administrasi Negara, sebagaimana junta militer menyebut pemerintahannya, melaporkan lebih dari 7.000 kasus baru.

Jumlah itu melonjak dari laporan pada awal Mei yang mencatat kurang dari 50 kasus per hari.

Baca juga: 2 Juta Vaksin Covid-19 Akan Diterima Junta Militer Myanmar dari Rusia

Dalam beberapa hari terakhir, ratusan orang mengantre untuk mendapatkan pasokan oksigen di ibu kota komersial Yangon dan kota kedua Mandalay, menurut laporan AFP.

Lebih dari 4.100 telah meninggal akibat virus Covid-19 di Myanmar, menurut angka resmi, meskipun analis mengatakan jumlah sebenarnya kemungkinan lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.