Kompas.com - 11/07/2021, 13:56 WIB
Ilustrasi LGBT Ilustrasi LGBT

BRUSSEL, KOMPAS.com - Uni Eropa bersiap menghadapi musim gugur yang sulit.

Di luar dampak buruk dari Brexit, yang bisa dibilang krisis terbesar yang menimpa blok tersebut sejak pembentukannya, serta upaya kebangkitan dari pandemi global, 27 negara anggota bersiap untuk "pertikaian besar" mengenai hak-hak LGBT.

Dilansir CNN, perdebatan ini nantinya akan mencakup supremasi hukum, dan hal ini akan menentukan "masa depan" Uni Eropa.

Baca juga: Uni Eropa Dideklarasikan sebagai Zona Merdeka bagi LGBT

Ketegangan telah mereda untuk sementara waktu, tetapi dalam beberapa hari terakhir, sejumlah peristiwa semakin memperjelas bahwa masalah ini tidak dapat diabaikan lagi.

Hongaria, yang dipimpin oleh populis sayap kanan Viktor Orban, memberlakukan undang-undang baru yang melarang penggunaan informasi yang "mempromosikan" homoseksualitas dan perubahan gender di sekolah.

Pemerintah mengklaim bahwa hal itu dilakukan untuk melindungi anak-anak, meskipun para kritikus percaya bahwa melarang akses ke informasi itu bisa menimbulkan stigmatisasi orang-orang LGBTQ dan menempatkan mereka pada risiko diskriminasi dan kekerasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hongaria Sahkan UU Anti LGBTQ, PM Belanda: Mereka Tak Punya Tempat di Uni Eropa

Uni Eropa pun didesak untuk menghukum Hongaria atas hukum yang mereka sebut sebagai "homofobia".

Pada Rabu (7/7/2021), Anggota Parlemen Eropa mengajukan kasus hukum kepada Komisi Uni Eropa, cabang eksekutif blok tersebut, untuk mencabut Hongaria dari pendanaan Uni Eropa.

Negara itu dinilai tidak memenuhi kewajibannya sebagai negara anggota Uni Eropa.

Gugatan itu tidak menyebutkan undang-undang anti-LGBTQ Hungaria, tapi lebih berfokus pada serangan negara tersebut terhadap independensi peradilan.

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.