Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuhan Presiden Haiti: Warga AS dan Kolombia Diduga Terlibat

Kompas.com - 10/07/2021, 12:03 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Dampak kekerasan dari pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise terlihat pada Jumat (9/7/2021) di dekat kediaman pribadinya di ibukota Port-au-Prince.

Mobil-mobil yang terbakar habis, selongsong peluru bekas, noda darah dan dinding yang dipenuhi peluru adalah sisa-sisa baku tembak antara polisi dan beberapa tersangka pembunuh di Route de Kenscoff.

Baca juga: Pembunuhan Presiden Haiti dan Misteri yang Menyelimuti...

Pihak berwenang Haiti mengatakan kepada CNN bahwa tiga mobil yang terbakar adalah milik anggota kelompok bersenjata yang membunuh Moise, pada Rabu pagi (7/7/2021).

Kelompok bersenjata itu adalah "pembunuh profesional". Mereka terdiri dari lebih dari dua lusin orang, termasuk dua warga negara Amerika Serikat (AS) dan pensiunan anggota militer Kolombia, menurut pihak berwenang.

Semakin banyak rincian mulai muncul tentang orang-orang yang diduga membunuh Moise. Namun masih sedikit yang diketahui tentang tersangka dalang dan motivasi serangan itu.

Polisi sejauh ini menangkap 20 tersangka sehubungan dengan penembakan fatal tersebut. Perburuan massal di seluruh negeri sedang berlangsung untuk setidaknya lima tersangka tambahan.

Polisi sebelumnya mengatakan bahwa 28 orang dicurigai dalam pembunuhan itu.

Pada Jumat (8/7/2021), polisi menerbitkan daftar nama 19 tersangka yang telah ditangkap oleh pihak berwenang, yang menurut mereka termasuk 17 orang Kolombia dan dua orang Haiti-Amerika.

Tak lama kemudian, polisi mengumumkan bahwa seorang tersangka Kolombia tambahan telah ditangkap.

Baca juga: Inilah Momen Terduga Pembunuh Presiden Haiti Babak Belur Dihajar Massa

Lewat jalur udara dan darat

Berbicara kepada CNN Kamis malam (8/7/2021), Pierre mengidentifikasi dua orang AS yang ditangkap sebagai James Solages dan Joseph Vincent, keduanya dinaturalisasi menjadi warga negara AS dari Haiti.

Tiga belas pensiunan anggota Angkatan Darat Kolombia, semuanya diyakini terlibat dalam pembunuhan Moise.

“Mereka melakukan perjalanan ke Haiti selama beberapa bulan terakhir, hampir semuanya melalui Republik Dominika,” ujar Kepala Polisi Nasional Kolombia Jenderal Jorge Vargas mengumumkan selama konferensi pers pada Jumat (9/7/2021) melansir CNN.

Dua dari mereka: Giraldo Duberney Capador, yang terbunuh dalam operasi oleh Polisi Haiti, dan Alejandro Rivera Garcia, ditahan oleh Polisi Haiti.

“(Dua pensiunan) terbang dari Bogota ke Santo Domingo melalui Panama pada 6 Mei dan dari Santo Domingo terbang ke Port-au- Pangeran pada 10 Mei," kata Vargas, saat dia mempresentasikan orang Kolombia yang diidentifikasi.

Vargas mengatakan beberapa orang lain yang ditahan oleh Polisi Haiti adalah Victor Albeiro Pineda, Manuel Antonio Grosso, John Jairo Ramírez, Alejandro Giraldo Zapata, Franco Castaneda, Angel Yarce Sierra, Carlos Guerrero, Francisco Uribe, Enalbert Vargas dan Jhon Jairo Suárez.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com