Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Indonesia Perangi Covid-19, Singapura Kirim Paket Bantuan

Kompas.com - 09/07/2021, 15:08 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Antara,CNA

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura mengirimkan paket bantuan ke Indonesia untuk membantu negara tetangganya ini mengatasi Covid-19.

Postingan Facebook Kementerian Pertahanan pada Jumat (9/7/2021), menunjukkan dua pesawat Angkatan Udara Republik Singapura, meninggalkan Pangkalan Udara Paya Lebar menuju Indonesia dengan membawa paket bantuan.

Menteri Luar Negeri Dr Vivian Balakrishnan menyerahkan paket tersebut kepada Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo.

Paket bantuan tersebut berupa sumbangan dari Kementerian Pertahanan Singapura dan Angkatan Bersenjata Singapura, dan akan diberikan pada Kementerian Pertahanan RI dan TNI.

Baca juga: RI Mulai Terima Bantuan dari Singapura hingga Australia, Ini Daftarnya

Batch pasokan lainnya akan diangkut ke Indonesia oleh Angkatan Laut Republik Singapura melalui Landing Ship Tank mereka.

Kementerian Pertahanan Singapura menegaskan kembali "hubungan pertahanan bilateral yang erat dan lama" antara kedua negara.

Singapura juga siap mendukung penuh Indonesia dalam perjuangannya melawan Covid-19.

Indonesia menerima paket bantuan dari Singapura, yang meliputi ventilator, tabung oksigen, dan pasokan medis.

Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyampaikan apresiasinya pada pemerintah Singapura yang telah beberapa kali mengirimkan perbekalan kesehatan ke Indonesia.

Dia berharap bantuan tersebut dapat membantu Indonesia dalam memerangi pandemi.

Baca juga: Luhut: 30 Oksigen Konsentrator Impor dari Singapura Tiba Hari Ini

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Pandjaitan mengatakan dalam konferensi pers virtual bahwa Indonesia telah menghubungi Singapura dan China untuk meminta bantuan jika jumlah kasus harian naik hingga 40.000.

“Karena itu, kami telah menyiapkan semua skenario, mulai dari obat-obatan, oksigen, dan rumah sakit. Jika sebelumnya ada yang mengatakan bahwa kami membutuhkan bantuan dari luar negeri, kami telah berkomunikasi dengan Singapura dan China," ujar Luhut, dilansir CNA.

Secara terpisah, Luhut juga menyebutkan bahwa Indonesia telah menerima 10.000 unit oksigen dari Singapura.

"Kami memesan 10 ribu (unit) dan beberapa di antaranya sudah tiba dengan pesawat Hercules dari Singapura," katanya, dilansir Antara News.

Baca juga: Singapura Kirim 256 Tabung Oksigen dan 200 Ventilator ke Indonesia, Tiba Hari Ini

Lebih lanjut laporan itu menambahkan bahwa unit oksigen akan didistribusikan kepada mereka yang mengalami gejala Covid-19 ringan.

Dukungan kerja sama telah ditawarkan oleh sejumlah negara pada Indonesia, mulai dari AS, Belanda, Australia, Jepang, Inggris, Singapura, dan banyak lagi.

Indonesia mengapresiasi tawaran dukungan kerjasama tersebut.

Baca juga: Beli 10.000 Unit Oksigen Konsentrator dari Singapura, Luhut: Hari ini Datang 30

Kementrian Luar Negeri RI menyatakan, kerjasama dan kolaborasi adalah prinsip yang terus dikedepankan agar dunia dapat segera keluar dari pandemi ini.

"No one is safe until everyone is," ujar Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, yang menekankan pentingnya solidaritas dan kerja sama global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com