Biografi Tokoh Dunia: Alexander Hamilton, Bapak Pendiri AS yang Gagal Berkuasa karena Tersandung Skandal

Kompas.com - 06/07/2021, 14:18 WIB
Alexander Hamilton. (Wikipedia) Alexander Hamilton. (Wikipedia)

KOMPAS.com - Alexander Hamilton adalah salah satu figur Bapak Pendiri Bangsa bagi Amerika Serikat (AS) berkat reputasinya selama Perang Revolusi.

Dia adalah pendukung kuat pemerintah federal, dan memainkan peran kunci dalam membela dan meratifikasi Konstitusi AS.

Sebagai Menteri Keuangan AS pertama, Hamilton membangun fondasi keuangan untuk negara baru “Uncle Sam.” Dia melawan oposisi sengit dari saingan beratnya Thomas Jefferson (Presiden AS Ketiga).

Perbedaan antara keduanya kelak berperan dalam pembentukan awal partai politik di negara ini. Gaya politik Hamilton blak-blakan dan terpolarisasi kerap memicu konfrontasi.

Tapi karirnya menuju puncak kekuasaan AS terhambat akibat skandal seks yang memalukan. Pada 1804 ia terbunuh dalam duel satu lawan satu oleh Aaron Burr, musuh politiknya.

Baca juga: Kenapa AS Dijuluki Negeri Paman Sam?

Masa kecil di Karibia

Hamilton lahir pada 1755 atau 1757 di pulau Nevis di Karibia. Orang tuanya adalah Rachel Fawcett Lavien, wanita keturunan Huguenot Inggris - Perancis, dan James Hamilton, seorang pedagang Skotlandia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rachel masih menikah dengan pria lain pada saat Hamilton lahir. Dia dikabarkan telah meninggalkan suaminya, yang kasar dan menghabiskan sebagian besar kekayaan keluarga Rachel, serta telah memenjarakannya karena perzinahan.

Ayah Hamilton meninggalkan keluarganya dalam kemiskinan pada 1766. Bertekad untuk memperbaiki nasibnya, Hamilton mengambil pekerjaan pertamanya pada usia 11 tahun, tidak lama setelah ayahnya pergi.

Tetapi keluarga itu segera mendapat pukulan menyedihkan lainnya. Setelah bekerja tanpa lelah untuk memenuhi kebutuhan, ibunya jatuh sakit dan meninggal pada 1768 dalam usia 38 tahun.

Setelah kematian ibunya, Hamilton menemukan pekerjaan dengan Beekman and Cruger. Perusahaan itu bergerak di sektor ekspor-impor, dan dimiliki oleh seorang pengusaha New York bernama Nicholas Cruger.

Baca juga: Peringati Kemerdekaan AS, Joe Biden: Mau Divaksin Berarti Patriotik

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.