Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Panas Kanada Picu 170 Titik Kebakaran

Kompas.com - 04/07/2021, 10:42 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

OTTAWA, KOMPAS.com – Gelombang panas di Kanada membuat kebakaran di 170 titik di provinsi British Columbia (BC) menjadis semakin hebat pada Sabtu (3/7/2021).

Militer Kanada diterjunkan untuk membantu memerangi kobaran api dan mengevakuasi warga dari kota-kota yang terkena dampak.

Baca juga: Gelombang Panas Kanada Sebabkan 90 Persen Desa Lytton Kebakaran

Mayoritas dari kebakaran tersebut mulanya disebabkan sambaran petir. Kobaran api semakin besar karena adanya gelombang panas yang berlangsung selama beberapa hari terakhir.

"Kami melihat kira-kira ada 12.000 sambaran petir kemarin," kata pejabat British Columbia Wildfire Service Cliff Chapman kepada CBC pada Sabtu.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjanji untuk bekerja sama dengan pemerintah British Columbia untuk menanggapi ancaman tersebut sebagaimana dilansir DW.

Baca juga: Gelombang Panas Kanada Tewaskan Hampir 500 Orang dalam 5 Hari

Kota dilalap api

Lytton, sebuah kota kecil di provinsi British Columbia, hampir habis dilalap kobaran api. Kota ini mencatat rekor suhu tinggi 49,6 derajat Celsius awal pekan ini.

"Sekolah-sekolah terbakar, rumah-rumah terbakar, stasiun ambulans, rumah sakit juga," kata seorang reporter lokal Emad Agahi kepada DW.

Baca juga: UPDATE: Korban Tewas Terkait Gelombang Panas Kanada Capai 230 Orang

Dia mengatakan, kota Lytton masih "berbahaya" hingga menyulitkan pihak berwenang untuk datang dan mendata jumlah korban tewas.

Seorang ilmuwan iklim di Breakthrough Institute Zeke Hausfather mengatakan kepada DW bahwa perubahan iklim memperburuk gelombang panas di provinsi tersebut.

"Perubahan iklim membuat gelombang panas jauh lebih parah daripada sebelum terjadi perubahan iklim," kata Hausfather.

Baca juga: Cerita Dokter AS Tangani Korban Gelombang Panas: Kondisinya Mirip Awal Pandemi Covid-19

Ratusan orang tewas

Gelombang panas dengan temperatur yang sangat tinggi telah menewaskan ratusan orang di Kanada dan Amerika Serikat AS.

Kepala Koroner British Columbia Lisa LaPointe mengatakan bahwa ada 719 kematian mendadak dan tak terdug akibat gelombang panas yang sedang berlangsung.

Baca juga: Kanada Diterpa Gelombang Panas, Pecahkan Rekor Suhu 49,5 Celsius

Sejumlah kematian akibat gelombang panas juga dilaporkan terjadi di negara bagian Washington dan negara bagian Oregon di AS.

Korban tewas di negara bagian Oregon mencapai setidaknya 95 orang pada Jumat (2/7/2021).

Sejumlah pejabat di negara bagian Washington mengatakan, sejauh ini mereka mendapat laporan sekitar 30 kematian akibat gelombang panas.

Baca juga: Gelombang Panas Hantam Kanada, Ratusan Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com