Lebih dari 10 Juta Penduduk Australia Kembali Alami Lockdown Covid-19

Kompas.com - 29/06/2021, 16:39 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah ShutterstockIlustrasi isolasi mandiri di rumah

BRISBANE, KOMPAS.com - Lebih dari 10 juta orang Australia dalam aturan lockdown dan tinggal di rumah lagi karena kasus Covid-19 meningkat hampir di seluruh negeri.

Brisbane mulai lockdown dan diperintahkan untuk tinggal di rumah pada Selasa (29/6/2021) malam waktu setempat, menyusul Sydney, Perth, dan Darwin, yang lebih dahulu melakukan pengetatan aturan belum lama ini, seperti yang dilansir dari AFP pada Selasa (29/6/2021).

"Ini adalah keputusan yang sulit," kata Perdana Menteri negara bagian Queensland Annastacia Palaszczuk, setelah Australia mencatat 23 kasus Covid-19 dalam 24 jam.

Baca juga: Di Tengah Varian Delta Merebak, WHO Peringatkan Tetap Pakai Masker Setelah Divaksin

"Kami melakukan lockdown di kota-kota besar karena kedatangan orang dari luar negeri yang membawa virus ke sini," imbuh Palaszczuk.

Australia telah secara luas sukses dalam mengurangi penyebaran Covid-19 secara lokal, dengan cara menutup perbatasan, karantina wajib dalam hotel untuk para pendatang dari luar negeri, dan lockdown cepat.

Namun, saat ini Australia berjuang lagi melawan wabah Covid-19 yang meningkat karena varain Delta, saat kemarahan masyarakat tumbuh karena lambatnya program vaksinasi berjalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kurang dari 5 persen orang dewasa Australia telah mendapatkan dua dosis suntikan vaksin Covid-19.

Warga Brisbane, Nicole Hungerford (57 tahun) mengatakan dia memperkirakan lockdown akan tetap terjadi "sampai pemerintah dapat serempak bertindak" untuk penyaluran vaksin.

Baca juga: Covid-19 di Afrika Selatan Makin Mengganas, Varian Delta Mendominasi

"Ini mengejutkan dan mereka tidak bertanggung jawab. Ini menunjukkan betapa sedikitnya rasa hormat yang mereka miliki terhadap orang lain," katanya kepada AFP.

Selain Brisbane, di wilayah pesisir sekitarnya dan kota kecil utara Townsville juga diberlakukan aturan terbaru, setelah seorang pekerja rumah sakit yang tidak divaksinasi menghabiskan waktu hingga 10 hari berkeliling Queensland dengan menularkan Covid-19.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.