Sumbang Anggota Parlemen Republik, Produsen Mobil Ini Dicibir Netizen

Kompas.com - 29/06/2021, 15:13 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Produsen mobil Toyota lakukan pembelaan atas sumbangannya pada anggota parlemen Partai Republik yang menentang sertifikasi hasil pemilihan presiden AS 2020.

Produsen mobil asal Jepang itu membuat pernyataan setelah Axios, melaporkan pada Minggu (27/6/2021), bahwa Toyota memimpin jumlah sumbangan yang diberikan pada penentang kemenangan Presiden AS Joe Biden.

Toyota diketahui sudah menyumbangkan 55 ribu dollar pada 37 anggota parlemen Republik yang keberatan mengesahkan hasil pemilu 2020, Januari lalu.

Jumlah ini setara dengan sekitar seperempat anggota parlemen yang menentang sertifikasi kemenangan Biden.

Baca juga: Trump Muncul Lagi Setelah Lengser Keprabon, Kembali Klaim Pemilu AS Curang

Toyota menyumbangkan uang hampir dua kali lebih banyak kepada lima kali lipat anggota Partai Republik dibanding perusahaan terkemuka lain, yakni Cubic Corporation, yang memberi hanya delapan sumbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini didapat dari data pengawas berhaluan kiri Citizens for Responsibility and Ethics di Washington DC, yang dibagikan ke Axios.

Juru bicara Toyota pun angkat bicara dan lakukan pembelaan.

"Toyota mendukung kandidat berdasarkan posisi mereka pada isu-isu yang penting bagi industri otomotif dan perusahaan. Kami tidak menilai anggota Kongres hanya berdasarkan suara mereka pada sertifikasi pemilu," kata juru bicara Toyota, dilansir The Hill (28/6/2021).

Baca juga: Kawan Trump, Presiden Bolsonaro Yakini Ada Penipuan dalam Pemilu AS

"Berdasarkan tinjauan menyeluruh, kami juga memutuskan untuk tidak memberikan bantuan kepada beberapa anggota yang, melalui pernyataan dan tindakan mereka, merusak legitimasi pemilihan dan institusi kami," tambahnya.

Juru bicara itu tidak merinci pernyataan atau tindakan seperti apa yang dianggap telah melewati batas itu.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber The Hill
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.