Kompas.com - 27/06/2021, 17:29 WIB
Mantan Menteri Keuangan Inggris Sajid Javid ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan Inggris oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Sabtu (26/6/2021) Javid menggantikan Matt Hancock yang mengundurkan diri. AARON CHOWN/PA via APMantan Menteri Keuangan Inggris Sajid Javid ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan Inggris oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Sabtu (26/6/2021) Javid menggantikan Matt Hancock yang mengundurkan diri.

LONDON, KOMPAS.com – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menunjuk Sajid Javid sebagai Menteri Kesehatan Inggris, menggantikan Matt Hancock.

Pengumuman tersebut disampaikan Kantor Perdana Menteri Inggris pada Sabtu (26/5/2021). Sebelum ini, Javid sempat menjabat sebagai Menteri Keuangan Inggris.

Daily Sabah melaporkan, Javid menjadi Muslim pertama yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan sepanjang sejarah Inggris.

Baca juga: Langgar Aturan Covid-19 dengan Cium Stafnya, Menkes Inggris Mundur

Javid mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan Inggris tahun lalu setelah menolak permintaan Johnson untuk memecat penasihat politiknya.

Di sisi lain, Hancock mengundurkan diri dari jabatannya pada Sabtu setelah foto-fotonya saat berciuman dengan stafnya yang sudah menikah bocor dan dipublikasikan The Sun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hancock lantas meminta maaf karena melanggar aturan pembatasan akibat virus corona.

Insiden itu membuat sejumlah politikus marah. Masyarakat yang hidup di bawah aturan pembatasan juga mengkritiknya.

Baca juga: Ciuman dengan Ajudannya, Menkes Inggris Minta Maaf Langgar Aturan Jarak Sosial

"Kami berutang budi kepada orang-orang yang sudah berkorban begitu banyak selama pandemi ini ketika kami mengecewakan mereka seperti yang telah saya lakukan dengan melanggar aturan," kata Hancock dalam surat pengunduran dirinya.

Selama pandemi, Hancock menjadi ujung tombak pemerintah Inggris dalam melawan Covid-19.

Dia secara rutin muncul di televisi dan radio untuk memberi tahu rakyat Inggris agar mengikuti aturan guna menahan penyebaran virus corona.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.