Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Kamuflase Baru Israel Diklaim Bisa Buat Tentara Hampir Tidak Terlihat

Kompas.com - 27/06/2021, 16:43 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

 

YERUSALEM, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Israel (MoD) dan Polaris Solutions, sebuah perusahaan teknologi survivabilitas yang berbasis di Israel, telah meluncurkan teknologi kamuflase baru yang membuat tentara hampir "tidak terlihat".

Kit 300 terbuat dari bahan penyembunyi visual termal yang menggabungkan logam, serat mikro, dan polimer untuk mengurangi deteksi tentara menurut laporan The Jerusalem Post.

Baca juga: Produksi Chip Taiwan Terhambat, Dunia Teknologi Bisa Sekarat?

Bahannya, yang dapat berfungsi ganda sebagai tandu yang ringan, mempersulit mereka yang memakainya untuk dilihat oleh mata manusia, dan peralatan pencitraan termal, menurut situs web Polaris Solutions.

Tentara dapat menggunakannya untuk membungkus tubuhnya mereka sendiri. Lembaran ini juga bisa digabungkan bersama menciptakan penghalang yang menyatu dengan lanskap berbatu atau gurun.

"Seseorang yang menatap mereka dengan teropong dari jauh tidak akan melihat tentara," kata Gal Harari, kepala cabang teknologi pendeteksi dan pencitraan dari unit penelitian dan pengembangan MoD, kepada Janes.com.

Melansir Business Insider pada Sabtu (26/6/2021), lembaran itu beratnya sekitar 500g dan dapat dilipat menjadi bundel yang ringkas.

Itu telah diuji oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan sejak itu telah ditambahkan ke rencana pengadaan, menurut Ynet.

Baca juga: Rusia Bentuk Pasukan Robot Bersenjata dengan Teknologi AI dari China

Ide untuk teknologi ini berasal dari pengalaman pribadi co-founder Polaris Solutions, Assaf Picciotto.

Saat bertugas di unit khusus IDF selama Perang Lebanon 2006, Picciotto memperhatikan bahwa tentara tidak cukup terlindungi dari peralatan pencitraan termal musuh mereka.

"Anda harus lebih baik dari musuh dan kami memahami bahwa ada celah besar di bagian (sistem) bertahan hidup," kata Picciotto kepada The Media Line.

Menurutnya, teknologi kamuflase baru yang digunakan pada Kit 300 sejauh ini belum digunakan pasukan lain di seluruh dunia.

Dia pun mengaku sudah mendaftarkan paten perusahaannya atas teknologi unik ini di banyak negara.

Polaris Solutions bekerja dengan unit pasukan khusus di Kanada dan Amerika Serikat untuk membawa teknologi ke Amerika Utara.

Polaris Solutions yang didirikan pada 2010, sekarang berkantor pusat di kota pelabuhan Kaisarea, Israel.

Beberapa mantan tentara IDF dengan pelatihan pasukan khusus telah meminjamkan keahlian mereka kepada perusahaan, yang juga memproduksi berbagai tekstil taktis yang tangguh dan tahan lama serta produk militer yang dipatenkan.

Baca juga: Apakah Nasib Alibaba Jadi Peringatan bagi Perusahaan Teknologi China Lainnya?

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com