Kompas.com - 24/06/2021, 07:07 WIB
Foto tanggal 12 Desember 2012 memperlihatkan pendiri antivirus McAfee, John McAfee, sedang menelepon sambil berjalan di Ocean Dive, area selatan Pantai Miami, Florida, Amerika Serikat. AP PHOTO/ALAN DIAZFoto tanggal 12 Desember 2012 memperlihatkan pendiri antivirus McAfee, John McAfee, sedang menelepon sambil berjalan di Ocean Dive, area selatan Pantai Miami, Florida, Amerika Serikat.

BARCELONA, KOMPAS.com - Pendiri antivirus McAfee, John McAfee, ditemukan tewas gantung diri di penjara Barcelona pada Rabu (23/6/2021).

Menurut pengacaranya, Javier Villalba, McAfee bunuh diri di bulan kesembilan dia dipenjara.

McAfee tewas setelah pengadilan tinggi Spanyol mengizinkan ekstradisinya ke Amerika Serikat (AS) atas tuduhan penggelapan pajak, ungkap Villalba kepada Reuters.

Baca juga: Pendiri Antivirus McAfee Tewas Bunuh Diri di Penjara

Profil John McAfee secara singkat

McAfee pernah bekerja untuk NASA, Xerox, dan Lockheed Martin sebelum meluncurkan anti-virus komersial pertama di dunia pada 1987.

Dia lalu menjual perusahaan antivirus McAfee ke Intel (INTC.O) pada 2011, dan tidak lagi terlibat dalam bisnis tersebut.

Dikutip dari AFP, sejak menjadi kaya raya pada 1980-an berkat antivirus, McAfee menjadi guru kriptokurensi dan mengklaim dapat menghasilkan uang 2.000 dollar AS (Rp 28,8 juta) sehari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

McAfee baru terang-terangan memasang tarif 105.000 dollar AS untuk setiap tweet berisi promosi cryptocurrency yang diunggahnya pada April 2018, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (8/10/2020).

Dia diduga menerima pendapatan 23 juta dollar AS (sekitar Rp 338 miliar) dalam bentuk mata uang kriptokurensi Bitcon dan Ether untuk promosi yang dilakukan dari Desember 2017 hingga Januari 2018.

Foto tanggal 16 Agustus 2016 menampilkan pendiri antivirus McAfee, John McAfee, sedang menyimak acara di 4th China Internet Security Conference (ISC), Beijing, China.AP PHOTO/NG HAN GUAN Foto tanggal 16 Agustus 2016 menampilkan pendiri antivirus McAfee, John McAfee, sedang menyimak acara di 4th China Internet Security Conference (ISC), Beijing, China.
McAfee juga memiliki 1 juta lebih followers di Twitter, di mana dia menggambarkan dirinya sebagai "pencinta wanita, petualang, dan misterius".

Namun karena citranya yang negatif, Intel yang sempat memiliki perusahaan McAfee mengatakan bakal menghapus brand tersebut supaya tidak lagi terasosiasi dengan John McAfee.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X