Kompas.com - 22/06/2021, 16:35 WIB
Ilustrasi material graphene Ilustrasi material graphene

CHICAGO, KOMPAS.com - Sekelompok peneliti di Chicago, Illinois, AS, mengembangkan cara deteksi virus corona memakai lembaran graphene.

Eksperimen terbaru ini, dilansir The Hill, menunjukkan bahwa virus Covid-19 dapat dideteksi melalui getaran atom di lembaran graphene, lewat antibodi yang tertanam di dalamnya.

Graphene adalah bahan berupa lembaran tipis yang terdiri dari atom karbon. Biasanya, ada satu lapisan atom dalam lembaran itu.

Peneliti tertarik untuk mempelajari karakteristiknya dan mengeksplorasi kegunaannya.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Beton Terkuat dari Campuran Graphene

Graphene, yang biasanya dipakai sebagai konduktor dalam sistem kelistrikan, sedang diteliti keakuratannya dalam mendeteksi virus SARS-CoV-2.

Dalam percobaan, tim mengumpulkan lembaran graphene dengan antibodi yang menargetkan lonjakan protein pada virus yang menyebabkan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Graphene hanya setebal satu atom, jadi molekul di permukaannya relatif besar dan dapat menghasilkan perubahan spesifik dalam energi elektroniknya," kata kepala teknik kimia di UIC College of Engineering, Vikas Berry.

Para peneliti kemudian mengukur getaran tingkat atom ketika lembaran terkena sampel positif dan negatif corona.

"Dalam percobaan ini, kami memodifikasi graphene dengan antibodi. Pada dasarnya, ini hanya mengkalibrasinya untuk bereaksi hanya dengan lonjakan protein SARS-CoV-2," kata Berry.

Baca juga: Samsung Kembangkan Graphene, Baterai Baru Pengganti Lithium?

"Dengan menggunakan metode ini, graphene juga dapat digunakan untuk mendeteksi varian COVID-19," tambahnya.

Halaman:

Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X