Kompas.com - 21/06/2021, 13:14 WIB
Jet tempur Sukhoi Su-30 milik Angkatan Udara Iran saat tampil dalam parade militer dalam rangka peringatan ulang tahun angkatan bersenjata pada April 2017 di Teheran. AFP / ATTA KENAREJet tempur Sukhoi Su-30 milik Angkatan Udara Iran saat tampil dalam parade militer dalam rangka peringatan ulang tahun angkatan bersenjata pada April 2017 di Teheran.

KOMPAS.com – Baik Israel dan Iran sama-sama memiliki pemimpin baru dalam selisih waktu yang tidak terlalu lama.

Pada 13 Juni, Parlemen Israel alias Knesset menggulingkan Benjamin Netanyahu dan membentuk pemerintahan baru.

Knesset yang beranggotakan 120 orang memilih Naftali Bennett sebagai Perdana Menteri Israel yang baru dengan selisih suara yang sangat tipis, 60 berbanding 59 suara.

Baca juga: Israel Akhirnya Buka Ekspor Terbatas untuk Produk Pertanian dari Jalur Gaza

Terpilihnya Bennett sebagai Perdana Menteri Isral yang baru tersebut ditanggapi Iran. Teheran menyebut, meski Israel memiliki perdana menteri yang baru, kebijakannya tidak akan berubah.

Sementara itu, Iran menggelar pemilihan presiden (pilpres) pada 18 Juni. Sehari setelahnya, tepatnya pada Sabtu (19/6/2021), dilakukan penghitungan suara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari hasil pengitungan suara tersebut, Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara.

Menteri Dalam Negeri Iran Aboldreza Rahmani Fazli menuturkan, ulama Syiah garis keras itu meraup 61,95 persen suara.

Kemenangan Raisi dalam pilpres Iran tersebut juga ditanggapi Israel. Israel menyebut Raisi sebagai presiden paling ekstrem di dunia dan segera memajukan program nuklir Iran.

Baca juga: “Armada Hantu” Iran Jual Minyak Pasar Gelap ke China untuk Biayai Program Nuklir Rahasianya

Bahkan, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menjuluki Raisi sebagai Jagal Teheran.

Jual-beli ejekan antara Israel dan Iran bukanlah hal yang baru. Dan dunia mengetahui bahwa kedua negara tersebut merupakan musuh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X