Kompas.com - 21/06/2021, 10:06 WIB
Ruang makan utama terlihat selama tur pers Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, Minggu, 20 Juni 2021, di Tokyo. AP PHOTO/EUGENE HOSHIKORuang makan utama terlihat selama tur pers Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, Minggu, 20 Juni 2021, di Tokyo.

TOKYO, KOMPAS.com - Seorang anggota skuat Olimpiade asal Uganda menjadi orang pertama yang dinyatakan positif Covid-19, setibanya di Jepang untuk kompetisi yang akan dimulai pada 23 Juli.

Perhelatan olahraga dunia itu ditunda tahun lalu. Tetapi sekarang kompetisi akan tetap berjalan meskipun ada gelombang baru kasus Covid-19 Jepang.

Baca juga: Olimpiade Tokyo Bagikan Banyak Kondom pada Atlet, Tapi Tak Boleh Dipakai

Uganda juga mengalami lonjakan kasus, yang memaksa pemerintahnya memperketat tindakan penguncian pada Jumat (18/6/2021).

Atlet Uganda yang tidak disebutkan namanya itu adalah bagian dari sembilan anggota regu yang telah divaksinasi penuh, kata laporan-laporan.

Kelompok itu, yang terdiri dari atlet petinju, pelatih, dan ofisial, juga dinyatakan negatif sebelum meninggalkan Uganda.

Namun, salah satu dari mereka dinyatakan positif pada saat kedatangan di bandara Narita Tokyo pada Sabtu (19/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia lalu dikarantina di fasilitas yang ditunjuk pemerintah, kata pejabat Jepang seperti dikutip oleh media lokal.

BBC pada Minggu (20/6/2021) melaporkan anggota skuad lainnya berangkat dengan bus sewaan ke Osaka, di Jepang barat, tempat mereka akan berlatih menjelang Olimpiade.

Skuat Uganda adalah kelompok kedua dari atlet asing yang datang untuk kompetisi. Skuat softball putri Australia tiba pada 1 Juni.

Dalam masa pandemi ini, penonton asing dilarang mengikuti Olimpiade. Penyelenggara diharap mengambil keputusan tentang apakah akan mengizinkan penonton domestik pada pertemuan Senin (21/6/2021).

Baca juga: Pejabat Senior Jepang Tewas Bunuh Diri di Tengah Kontroversi Olimpiade Tokyo

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X