Kompas.com - 20/06/2021, 12:13 WIB
Foto kanan adalah gambar anjing militer yang dirilis AS, dan dianggap berjasa karena mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dalam serangan yang terjadi Sabtu di Suriah (26/10/2019). via Sky NewsFoto kanan adalah gambar anjing militer yang dirilis AS, dan dianggap berjasa karena mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dalam serangan yang terjadi Sabtu di Suriah (26/10/2019).

KOMPAS.com - Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, buron selama bertahun-tahun lamanya. Tak ada jejak. Hanya ada dugaan lokasi di mana dia berada.

Tapi, pasukan elite AS Delta Force berhasil menunjukkan tajinya dalam sebuah operasi. Setelah mengendus keberadaannya, pasukan khusus ini langsung terjun dalam aksi penangkapan.

Bagaimana kisah penangkapan ini?

Baca juga: [Cerita Dunia] Setahun Kematian Abu Bakar Al Baghdadi, Bagaimana Nasib ISIS?

Delta Force memang terdiri dari orang-orang pilihan kemiliteran AS. Ditugaskan khusus untuk mengatasi aksi terorisme, pembebasan sandera, dan memburu para buronan kelas kakap.

Sejak tahun 1970-an, Delta Force terlibat dalam misi-misi penting di seluruh dunia, termasuk dalam perburuan Baghdadi yang terjadi pada 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misi ini berada pada kelasnya sendiri. Keberhasilan pasukan khusus AS diapresiasi langsung Presiden AS Donald Trump lewat konferensi pers, mengingat pentingnya buronannya.

Baca juga: Irak Beberkan Peran Mereka dalam Tewasnya Pemimpin ISIS Baghdadi

Kisah penyerbuan ini berawal dari laporan intelijen tentang keberadaan Baghdadi dari milisi Kurdi.

Personel militer AS dan anjing pelacak militer diterbangkan dengan delapan helikopter ke lokasi serangan di Idlib, Suriah. Jet tempur dan kapal perang AS juga turut terlibat.

Penyerbuan ini bahkan ditonton langsung Trump bersama jajarannya di Gedung Putih, tepatnya di Situation Room.

Baca juga: Terungkap, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Dikhianati karena Si Informan Dendam

Saat mendekati lokasi, helikopter AS memang sempat ditembaki dari darat. Tapi Delta Force berhasil selamat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X