Kompas.com - 20/06/2021, 12:08 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan Presiden AS Barack Obama menyatakan bahwa demokrasi terus bekerja secara efektif, dan membuat AS jadi lebih beragam.

Dilansir The Hill, Obama mengungkapkan hal ini dalam acara televisi khusus Juneteenth di channel ABC.

Selama episode khusus serial dokumenter ABC "Soul of a Nation" berjudul, "Juneteenth: Together We Triumph," Obama ditanyai pembawa acara "Good Morning America", Michael Strahan.

Baca juga: Erat dengan Aksi Mulia, Rashford Dipuji Saat Berbincang bersama Obama

"Apa yang membuat Anda terjaga di malam hari, dan apa yang paling membuat Anda bahagia?" tanya Strahan.

Menanggapi pertanyaan itu, Obama menjawab dengan lugas bahwa saat ini, demokrasi terus disegarkan dan diperbarui. Inilah yang membuatnya "terjaga di malam hari".

Demokrasi yang diperbarui, membuatnya terus bekerja secara efektif. Apalagi AS terdiri dari masyarakat yang kian beragam.

Baca juga: Biden Tarik Pasukan dari Afganistan, Begini Komentar Obama

Wawancara Obama dimasukkan dalam acara khusus televisi dua jam yang merayakan sejarah dan budaya orang kulit hitam Amerika.

Acara juga memperingati warisan Juneteenth, hari memperingati berakhirnya perbudakan di Texas pada tahun 1865, hampir dua tahun setelah Proklamasi Emansipasi.

19 Juni yang diperingati sebagai Juneteenth, secara resmi menjadi hari libur federal di AS pasca-penandatanganan Undang-Undang Hari Kemerdekaan Nasional Juneteenth oleh Presiden Joe Biden pada Kamis (17/6/2021).

Badan-badan federal dan bisnis mulai merayakan hari libur pada hari Jumat karena Juneteenth jatuh pada Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Nike Tambahkan Juneteenth Sebagai Hari Libur Karyawan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.