Kompas.com - 19/06/2021, 18:51 WIB
Personel militer AS dari Pasukan Divisi Lintas Udara 101. Staff Sgt. Gustavo Gonzalez / US AIR FORCE / AFPPersonel militer AS dari Pasukan Divisi Lintas Udara 101.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Kementerian Pertahanan AS mengonfirmasi bahwa Washington akan mengurangi sistem pertahanan anti-rudal Patriot di Timur Tengah.

Kementerian yang berkantor di Pentagon tersebut mengonfirmasi berita The Wall Street Journal yang melaporkan, AS bakal mengurangi dukungan militernya kepada Arab Saudi.

Baca juga: Remaja Palestina Tewas Ditembak oleh Militer Israel dalam Bentrokan di Tepi Barat

The Wall Street Journal menambahkan, negara-negara lain di kawasan Timur Tengah seperti Kuwait, Irak, dan Yordania akan ikut terpengaruh kebijakan AS di bawah kepemimpinan Joe Biden.

Media itu sebelumnya melaporkan, selain mengurangi delapan unit sistem pertahanan anti-rudal Patriot, AS berencana untuk menarik sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dari Arab Saudi.

“Negeri Paman Sam” juga akan menarik skuadron jet tempur dan mempercepat penarikan pasukan AS dari kerajaan sebagaimana dilansir DW.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menilik Perbandingan Keberuntungan Militer AS dan Rusia

Perubahan

Keputusan tersebut mencerminkan sejumlah hal, baik itu reposisi pasukan AS untuk melawan Rusia dan China serta perubahan yang tak menentu di Timur Tengah.

Saat tirai pertempuran ditutup di Afghanistan, persaingan dengan kekuatan dunia lainnya dilihat oleh pejabat AS sebagai pendorong utama operasi militer di masa depan.

Selama hampir dua dekade, perang global melawan terorisme merupakan perang yang paling banyak mendominasi dan menyita perharian.

Baca juga: Jelang Pertemuan Biden-Putin, Rusia Gelar Latihan Militer Skala Besar Dekat Hawaii

Di sisi lain, selama dua dekade, China mengalami kebangkitan dan kini telah menghadirkan berbagai tantangan.

Bahkan sekarang, “Negeri Panda” dianggap menjadi saingan utama Washington dalam hal keamanan nasional.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X